Luwu

Sosialisasi Soal Pelayanan Kesehatan Gratis, Ini yang Dikatakan Anggota DPRD Sulsel Marthen Rantetondok

BELOPA— Anggota DPRD Sulsel, Ir. Marthen Rantetondok, MM, menyosialisaikan Perda No 9 Tahun 2016. Sosialiasi ini, tentang perubahan atas Peraturan Daerah Provinsi Sulsel No.2 Tahun 2009 tentang kerja sama penyelenggaraan pelayanan kesehatan gratis.

Sosialisasi sendiri dilaksanakan, Jumat, 11 Januari 2019, di Desa Paccerakang, Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu.

Dalam sosialisasi ini, dihadiri ratusan peserta, termasuk Kepala Desa Paccerakang, Galaluddin Banneringgi, ST, tokoh masyarakat, tokoh pemuda,tokoh perempuan, dan masyarakat umum lainnya.

Marthen Rantetondok kepada palopopos.co.id, Senin, 14 Januari 2019 mengatakan, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya masyarakat miskin, telah diselenggarakan kerja sama penyelenggaraan pelayanankesehatan gratis antara Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan/atau Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan/Pemerintah Kabupaten/Kota dan pihak ketiga, dalam hal ini, BPJS Kesehatan.

”Masyarakat yang dilayani dalam pelayanan kesehatan gratis adalah penduduk Sulawesi Selatan yang tergolong miskin dan tidak mampu yang belum tercakup dalam pelayanan Jamiman Kesehatan Masyarakat, Asuransi Kesehatan, dan asuransi kesehatan lainnya,” katanya.

Anggota Feraksi Partai Golkar ini mengurai, yang dimaksud orang miskin di sini adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai sumber mata pencaharian dan/atau mempunyai sumber mata pencaharian tetapi tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan dirinya dan/atau keluarganya.

Sementara Orang Tidak Mampu menurutnya adalah orang yang mempunyai sumber mata pencaharian, gaji atau upah. Tapi, lanjutnya, hanya mampu memenuhi kebutuhan dasar yang layak namun tidak mampu membayar iuran bagi dirinya dan keluarganya.

”Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kabupaten/Kota bertanggung jawab atas jaminan kesehatan bagi penduduk yang termasuk dalam golongan, orang miskin dan orang tidak mampu,” jelasnya. (rls)



Click to comment

Most Popular

To Top