Politik

Kaum Perempuan Unjuk Kekuatan di Pileg

PALOPO — Di pileg 2019, sejumlah parpol yang mengikuti pemilu turut melibatkan banyak kaum perempuan. Mereka bahkan dipastikan akan menjadi wajah baru di parlemen DPRD Kota Palopo mendatang. Keterlibatan sejumlah kalangan perempuan dalam perhelatan ini karena dinilai punya potensi.

Adapun caleg dari kaum gender ini seperti, Idawati Ibarahim (PKS) dari dapil dua, Pratiwi Lanteng Bustami (HANURA) dari dapil dua, Eliniang (PAN) dapil tiga, Norma (Nasdem) dapil tiga. Ada juga Herawati Masdin (PAN) di dapil dua, Megawati (PKS) di dapil satu, Hj Idaria M Jaya (Golkar) di dapil 2, Nureny (Gerindra) di dapil tiga, Hj Hasrianti (NasDem) di dapil satu, dll.

Para kandidat cukup memperkuat persaingan menuju parlemen. Selain memiliki kekuatan popularitas, finansial serta kekuatan basis, tentunya mereka dinilai mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat utamanya untuk kalangan perempuan.

Caleg asal PAN Ely Niang, misalnya. Ia mengaku sudah beberapa kali mengikuti kontestasi pileg. 2019 ini Ely Niang tidak ingin mengulangi kekalahan. Ia optimis akan menjadi bagian dari rakyat dalam memperjuangkan aspirasi. “Pileg ini akan menjadi pembuktian atas perjuangan kami. Khusus bagi saya, siap memperjuangkan aspirasi masyarakat terutama dapil tiga Kota Palopo jika nantinya diamanahkan masyarakat,” katanya.

Ely Niang siap menampung dan menyerap aspirasi masyarakat. Bahkan, sebuah wadah yang dinamakan rumah aspirasi akan disediakannya untuk mempermudah layanan dan mendekatkan diri dengan konsituennya. “Saya sudah pikirkan hal itu sebelumnya. Adanya rumah aspirasi itu akan menampung masukan masyarakat terkait kebutuhan yang ada di wilayah mereka,” katanya, siang kemarin.

Hal senada juga dikemukakan Pratiwi Lanteng. Ia mengaku sudah siap berkompetisi dengan caleg lainnya. ”Kita bekerja saja,” ujarnya. Begitu juga dengan Hj Idaria M Jaya. Ia terus bergerak untuk mencari dukungan ke masyarakat. ”Kita incumbent tinggal memelihara basis saja,” katanya.(rul/ary)



Click to comment

Most Popular

To Top