FEMALE

Sukses, Tanamkan Kejujuran dan Kerja Keras

Megalena Yuli
Owner Toko Naga Sakti

Tahun baru Imlek kali ini genap 2570. Menurut kepercayaan warga Tionghoa, tahun ini adalah Shio babi. Berharap, semoga diberi kemudahan dan rezeki lebih banyak. Selain itu, sebagai warga negara Indonesia, juga mendoakan keamanan dan kedamaian selama Pemilu April, mendatang.

Warga keturunan Tionghoa di Tana Luwu dan Kota Palopo khususnya tidaklah banyak. Hanya segelintir KK saja. Namun, peran serta mereka dalam menggerak roda perekonomian di Kota Idaman ini cukup besar. Sukses berwirausaha di segala bidang.

Female kali ini mengangkat sosok wanita ‘Wonder Women’, yakni, Megalena Yuli. Warga keturunan Tionghoa yang lahir dan besar di Kota Palopo.

Meskipun hanya tamatan SMA, namun kesuksesannya dalam berwirausaha patut ditiru bagi generasi milenial sekarang.
Ditemui Palopo Pos di kediamannya di Jalan Sawerigading, kompleks Pasar Lama, Kota Palopo, Ibu empat anak ini bercerita mengenai jalan panjang kesuksesannya dalam membuka usaha toko bangunan Naga Sakti.

Alumni SMA 158 ini bercerita kunci kesuksesan adalah kejujuran, lalu kerja keras, dan buang jauh-jauh sifat gengsi.
“Kita sebagai warga keturunan Tionghoa, selalu menanamkan dimana kita berpijak disitu langit kita junjung,” ujarnya.

Lahir di Kota Palopo, 51 tahun, lalu, Megalena sejak muda sudah digembleng orang tua untuk kerja keras. Bahkan, tak segan-segan harus mencuci piring dan membersihkan meja rumah makan Victoria, milik orang tuanya kala SMA dulu.
“Jadi kita itu pergi sekolah jalan kaki, tidak ada uang jajan.

Pulang sekolah membantu orang tua di warung,” kata eks Wakil Ketua Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) ini.
Di sekolah, ia termasuk siswa yang cerdas.

Pasalnya, selalu masuk dalam ranking 2 besar di kelas. “Saingan saya waktu SMA itu hanya dokter Alimuddin, yang pernah menjabat kepala RS tentara. Kalau bukan saya ranking satu, dokter lagi. Begitu saja terus,” sebutnya.

Karena cerdas dan pintar, Megalena kerap mewakili sekolahnya untuk mengikuti berbagai lomba. Seperti cerdas cermat di Makassar, lalu studi tur ke beberapa daerah di Sulsel, serta mengikuti pameran pembangunan di Lapangan Gaspa.

Bahkan setelah lulus SMA, ia mendapat kesempatan kuliah di Unhas lewat jalur bebas tes. Hanya saja, lagi-lagi faktor ekonomi. Mengurungkan niatnya untuk bisa mengenyam bangku kuliah. Beralihlah, ia kembali bekerja membantu dan merawat orang tua.

“Jadi waktu muda saya dijuluki wanita wonder women. Karena bahkan mobil truk saya bawa material. itu, kalau tidak ada sopir,” bebernya.

Dalam berusaha, ia juga menanamkan dalam dirinya untuk tidak malu dan tidak usah gengsi. “Buang jauh-jauh gengsi dan hargai uang kecil,” katanya.

Dalam berwirausaha, lanjutnya, ia juga menekankan agar jaga sifat kejujuran. Lalu, sebagaimana bisa mengambil hati konsumen. Walaupun bukan bidang kita, namun, selalu bisa memberikan solusi bagi konsumen.

Seperti, jika konsumen tersebut meminta dihitungkan kebutuhan material, ia tak segan-segan mengkalkulasi jumlah kebutuhan materialnya.
“Saya tidak mau cari untung di atas penderitaan orang lain.

Saya selalu jujur kepada pelanggan. Itu saja kuncinya,” jelasnya.
Selain sukses di wirausaha toko bangunan, Megalena juga aktif di organisasi keagamaan dan wanita. Seperti, Wakil Ketua Dharma Wanita Yayasan Budi Bhakti, GOW Pemkot Palopo, dan WKRI.

Pada beberapa kesempatan, ia bahkan langsung terjun ke lapangan mengikuti kerja bakti bersama instansi Pemkot Palopo, Kodim 1403 SWG, Polres Palopo, dan beberapa kegiatan sosial lainnya.

Ia juga berharapa kepada setiap warga keturunan etnis Tionghoa dimana saja, harus hidup lebih membaur dengan masyarakat tanpa memandang suku, ras, dan agama. Serta terlibat dalam segala kegiatan bersama pemerintah.

Misalnya, kerja bakti bersama dan mengunjungi saudara kita yang terkena bencana alam, juga menghadiri acara yang diadakan pemerintah bersama rakyat, seperti yang baru-baru ini diadakan pada Hari Jadi Luwu dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu. (idr)

Data Diri:

Nama : Megalena Yuli
TTL : Palopo, 31 Juli 1968
Suami : Rony Hosea
Anak : – Nova Hosea SE
  – Novi Hosea SE
  – Theresia Hosea SH
  – Roinaldy Hosea (kuliah FK-UH)
Pendidikan : – SD 81 Langkanae
  – SMP Frater
  – SMA 158 (SMAN 1 Palopo)
   


Click to comment

Most Popular

To Top