Luwu Utara

12 Kotak Suara Rusak

*Bawaslu Sarankan Dirakit di Kecamatan

MASAMBA–Ketua Bawaslu Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Muhajirin, meminta KPU Lutra, agar perakitan kotak suara dilakukan di Kecamatan. Sebab, jika perakitan dilakukan di kabupaten atau Kantor KPU, rawan kerusakan saat mobilisasi. Perakitan di kecamatan juga menghemat ruangan.

“Kotak suara ini terbuat dari kardus atau karton yang rawan rusak, makanya kami sarankan perakitannya dilakukan di kecamatan masing-masing,” ujar Muhajirin di kantornya, Senin, 11 Februari 2019.

Apalagi lanjut Muhajirin, kotak suara tersebut, hanya diluarnya saja yang dilapisi anti air, dan bisa jadi saat mobilisasi kena air hujan tentu kotaknya bisa menggelembung.

Seperti diketahui KPU Lutra mulai merakit kotak suara di Gedung Arma Karya Jalan Syuhada Kecamatan Masamba, Senin, 11 Februari 2019.

Perakitan kotak suara melibatkan puluhan relawan yang sudah disiapkan KPU Lutra.

Dalam perakitannya, ditemukan sebanyak 12 kotak suara yang rusak.
Ketua KPU Lutra, Syamsul Bachri, mengatakan, kerusakan kotak suara tersebut dikarenakan cacat pada bagian kotak sehingga kotak tersebut tidak dapat digunakan.

“Jadi ada 12 kotak suara yang rusak dan sudah dipisahkan. Kami akan melaporkan ke KPU Provinsi Sulsel serta pihak penyedia untuk diganti,” ucap Syamsul, Senin, 11 Februari 2019.

Selanjutnya, tambah Syamsul, untuk keamanan dan pemeliharaan kotak suara tersebut pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, pihak keamanan, Bawaslu dan sejumlah pihak terkait untuk melakukan pengawasan.

Untuk diketahui bahwa untuk kebutuhan kotak suara di Lutra berjumlah 5026 dengan jumlah TPS 987 tersebar di 12 kecamatan 173 desa/kelurahan.(mah/ded)

Click to comment

Most Popular

To Top