Metro

26 Kepala Perangkat Daerah Jalani Job Fit

TOMPOTIKKA — Sebanyak 26 Kepala Perangkat Daerah (PD) menjalani uji kesesuaian kompetensi (Job Fit, Red) di ruang pola Kantor Wali Kota Palopo, Senin 11 Februari 2019.

Hari itu, 26 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama eselon II b menjalani uji kompetensi yang dilakukan tim panitia seleksi (pansel) Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Plt Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber daya Manusia (BKPSDM) Kota Palopo, Farid Kasim Judas menyampaikan uji kesesuaian atau job fit ini merupakan instrumen untuk mengukur, mengevaluasi, dan menilai tingkat kesesuaian dan relevansi kompetensi pejabat pimpinan tinggi pratama dengan jabatan yang diduduki saat ini.

Farid menjelaskan, tujuan dilaksanakannya uji kesesuaian (Job fit) ini adalah untuk mendapatkan rekomendasi dari tim panitia seleksi independen serta untuk memetakan kompetensi yang dimiliki masing-masing pejabat pimpinan tinggi pratama.

”Setelah menjalani job fit, untuk selanjutnya menjadi acuan dan pertimbangan dalam pelaksanaan pergeseran. Atau dengan kata lain bahwa job fit bertujuan untuk mencari pejabat yang sesuai dengan jabatan yang akan diberikan sehingga dapat bekerja secara maksimal,” jelas Faid yang juga Kepala DPMPTSP Kota Palopo ini.

Mantan Kadis Kebersihan ini menambahkan, job fit ini juga dimaksudkan untuk memotret kembali potensi dan kompetensi para pejabat Pimpinan Tinggi Pratama.

”Job fit bukanlah persoalan lulus atau tidak, melainkan lebih ditekankan pada kesesuaian terhadap kompetensi pejabat itu sendiri. Job fit ini akan melahirkan rekomendasi para assesor dan pansel sebagai acuan dalam penempatan ASN ke dalam jabatan yang sesuai dengan potensi yang dimiliki ASN bersangkutan,” tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH menyampaikan bahwa ASN yang memenuhi syarat yang akan atau telah menduduki jabatan diharuskan untuk mengikuti proses tes atau uji.

Sehingga diharapkan ASN tersebut dalam menempati jabatan benar memiliki integritas, profesional, dan etika dalam menjalankan tugasnya.
”Pelaksanaan uji kesesuaian kompetensi bagi para pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilaksanakan hari ini (kemarin, Red) merupakan bagian dari strategi dan kebijakan penerapan sistem secara bertahap dalam pengembangan karir ASN di Kota Palopo,” kata orang nomor satu di Kota Palopo ini.
Hadir dalam kegiatan ini Sekkot Palopo, H Jamaluddin Nuhung, SH.,MH, Kepala P3KMP Lembaga Administrasi Negara (LAN), DR Andi Taufik, M.Si, serta Kepala Perangkat Daerah yang mengikuti job fit.(rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top