Luwu

Luwu Miliki Satu Peta Satu Data

30 ASN Ikuti Pelatihan Drone

BELOPA — Di penghujung masa jabatan, Bupati Luwu HA Mudzakkar Senin 11 Februari 2019, kemarin, menyerahkan peta tematik sebaran infrastruktur 22 kecamatan. Hal ini menandakan Kabupaten Luwu saat ini sudah memiliki satu peta satu data yang bisa digunakan untuk perencanaan pembangunan.

HA Mudzakkar Senin kemarin membuka pelaksanaan implementasi penggunaan drone (areal mapping) menuju Percepatan Kebijakan Satu Peta, untuk mendukung Perencanaan Pembangunan Daerah dan penyerahan peta tematik sebaran infrastruktur Kabupaten Luwu.

“Satu peta satu data ini sangat penting untuk mendapatkan data akurat, sehingga proses perencanaan pembangunan bisa dioptimalkan. Tetapi saya juga berharap petugas ini harus jujur dalam tugasnya dan memberikan data sebenar benarnya,” ungkap HA Mudzakkar.

Kepala Bappeda-Litbang Drs Muhammad Rudi, M.Si mengatakan, kegiatan yang bermuara pada pelatihan ini akan membantu dalam menetapkan Rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

“Dengan penggunaan informasi geospasial dan kebijakan satu peta satu data ini bisa menghadirkan sinergi dengan setiap OPD dalam perencanaan pembangunan,” kata Rudi, seraya mengatakan, salah satu pendataan yang akurat ini akan menerapkan alat drone sehingga beberapa petugas dapat menerapkan ilmu yang dimilikinya.

Ketua Gugus Geospasial Luwu Sofyan Thamrin ST, MM mengatakan, tim gugus tugas yang ada ditiap OPD Pemkab Luwu ini telah dibentuk 2017 dan telah menghasilkan data kompilasi pengumpulan peta tematik 22 kecamatan dan 227 desa/kelurahan, juga peta sebaran tambak 11 kecamatan.

“Dengan sistem ini kita bisa melakukan pemantauan secara ‘up to date’ berbagai perencanaan dan aspek pembangunan pada level desa. Pula kita bisa mengetahui secara pasti perbatasan kecamatan dan desa.

Untuk lebih mengoptimalkan program ini kita juga melakukan pelatihan kepada puluhan ASN perwakilan OPD untuk mengoperasikan drone. Alat ini sangat membantu petugas dalam melihat berbagai potensi sumber daya alam setiap kecamatan dan desa,” tandas Sofyan Thamrin. (and/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top