Politik

Satu TPS, Satu Orang

*Pengawas TPS Masyarakat Mulai Daftar

PALOPO — Pengawas TPS dari masyarakat mulai daftar.
Sejak dibuka 11 Februari 2019, masyarakat Kota Palopo yang ingin menjadi pengawas TPS pada pemilu dan pilpres sudah mengambil formulir. Bahkan, sudah yang langsung mengembalikan formulir pendaftaran itu. Mereka nanti akan mengawasi 499 TPS. Satu TPS, satu orang.

Komisioner Bawaslu Palopo, St Aisyah, mengatakan saat ini sudah terdapat ratusan pelamar untuk menjadi pengawas TPS pada pelaksanaan pemilu dan pilpres 2019.

Rinciannya, Kecamatan Wara Utara yang mengambil formulir 31 orang, Kecamatan Bara yang mengambil formulir 25 orang yang mendaftar/kembalikan formulir 0, Kecamatan Telluwanua yang mengambil formulir 28 orang, yang mendaftar/kembalikan formulir 0
, Kecamatan Wara yang mengambil formulir 53 orang, yang mendaftar/kembalikan 7 orang.

Selanjutnya, Kecamatan Wara Timur yang mengambil formulir 67 orang, yang mendaftar/kembalikan 21 orang, Kecamatan Wara Selatan yang mengambil formulir 4 orang, yang mendaftar/kembalikan 0,
Kecamatan Sendana yang mengambil formulir 16 orang,  yang mendaftar/kembalikan 10 orang.

Selanjutnya, Kecamatan Mungkajang yang mengambil formulir 17 orang,  yang mendaftar/kembalikan 2 orang, Kecamatan Wara Barat yang mengambil formulir 27 orang, yang mendaftar/kembalikan 6 orang.

“Jadi jumlah keseluruhan yang mengambil formulir 268, yang mengembalikan/mendaftar 46 orang,” terangnya, siang kemarin.

Perekrutan pengawas TPS ini dilakukan Bawaslu melalui tingkat kecamatan masing-masing. Masyarakat yang mendaftarkan dirinya langsung berhubungan langsung dengan pihak Panwas kecamatan. “Untuk jumlahnya masing-masing satu TPS satu orang. Jumlah TPS kita sebanyak 499,” katanya.

Pengawas TPS ini bertujuan untuk membantu peran Bawaslu untuk melaksanakan pengawasan di tiap TPS. Adapun masa kerjanya yakni sepekan sebelum dan sesudah pemilihan berlangsung. “Jadi ada sekitar dua pekan mereka bertugas. Mereka dihonor sesuai ketentuan yang ada, termasuk juga kita siapkan pengganti uang transportasi dan uang makan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panwas Kecamatan Wara, Ibrahim Sulaiman, mengaku sudah menerima permohonan sekitar tujuh orang dari 53 orang yang melamar. “Mereka cukup antusias. Kita pastikan pelamar di Wara ini melebihi jumlah yang dibutuhkan yakni, lebih seratus orang sesuai jumlah TPS,” katanya. (rul/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top