Utama

Tak Berlaku untuk Makassar-Bua

*Tiket Garuda Grup Turun 20 Persen

PALOPO — Garuda Indonesia Group melalui lini layanan full service Garuda Indonesia dan Low Cost Carrier (LCC) Citilink Indonesia serta Sriwijaya Air-NAM Air Group mengumumkan penurunan harga tiket di seluruh rute penerbangan sebesar 20 persen mulai hari ini (14/1).

Penurunan tarif tiket pesawat ini merupakan tindak lanjut dari inisiasi awal Indonesia National Air Carrier Association (INACA) yang sebelumnya baru berlaku di beberapa rute penerbangan.

“Penurunan tarif pesawat sejalan dengan aspirasi masyarakat dan sejumlah asosiasi industri nasional serta arahan Bapak Presiden RI untuk mendukung peningkatan sektor perekonomian nasional khususnya untuk menunjang pertumbuhan sektor pariwisata, UMKM, hingga industri nasional,”kata Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra dalam keterangan resminya, Kamis (14/2).

“Garuda Indonesia Group memastikan komitmen penurunan harga tiket pesawat sejalan dengan dengan sinergi intensif yang dilakukan seluruh pemangku kepentingan terkait dalam memastikan akses masyarakat terhadap layanan transportasi udara tetap terjaga” tambah Ari.

Komitmen positif Garuda Indonesia Group sebagai BUMN tersebut sejalan dengan sinergi positif seluruh sektor penunjang layanan penerbangan dalam memastikan tata kelola industri penerbangan yang tepat guna, baik dari aspek aksesibilitas masyarakat terhadap layanan transportasi udara serta business sustainability maskapai penerbangan di Indonesia.

Lebih lanjut melalui penurunan tarif tiket penerbangan tersebut, Garuda Indonesia Group berharap akses masyarakat terhadap layanan transportasi udara dapat semakin terbuka luas, sehingga Garuda Indonesia Group dapat mengakomodir aspirasi masyarakat dalam memberikan pelayanan berkualitas yang dapat menjangkau seluruh elemen masyarakat.

“Penurunan harga tiket tersebut kami pastikan akan menjadi komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia Group dalam memberikan layanan penerbangan yang berkualitas dengan tarif tiket penerbangan yang kompetitif ” tutup Ari.

Masih Mahal

Sementara itu, dari penelusuran Palopo Pos ke beberapa situs pemesanan online tiket pesawat. Untuk rute Makassar-Palopo, hari ini, Jumat 15 Februari 2019, bagi maskapai Garuda Indonesia masih dikisaran Rp700 ribuan, tepatnya Rp716 ribu. Masih dianggap terlalu mahal. Sementara kompetitornya hanya berada di kisaran harga Rp480 ribuan.

Branc Manager Garuda Indonesia Bandara La Galigo, Dhani Setiawan yang dikonfirmasi mengaku, memang untuk rute jarak pendek, seperti Makassar-Bua sudah ada tarif batas minimum yang dipatok dari perusahaan. Hal itu, berdasarkan atas supplay and demand. Sehingga, penurunan harga tiket 20 persen khusus bagi rute ini tidak berlaku.

Dhani juga mengatakan, kalau dengan tarif minimum Garuda rute Makassar-Bua adalah Rp600 ribuan. Itu sudah mencakupi pelayanan premium, termasuk bagasi. “Jadi penumpang kita gratiskan bagasi 20 kg. Berbeda dengan kompetitor yang sudah memberlakukan bagasi berbayar,” tegasnya.

Untuk penurunan harga tiket 20 persen, kata Dhani, hanya berlaku untuk beberapa rute tertentu. Sedangkan, untuk rute jarak pendek itu tidak. (idr)

Kisaran Harga Tiket di Bandara La Galigo

Garuda Indonesia : Rp600 ribu-Rp700 ribu
Fasilitas : Free bagasi 20 kg, dan layanan premium di dalam pesawat

Wings Air : Rp480 ribu- Rp600 ribu
Fasilitas : Bagasi berbayar, tanpa layanan premium.

Click to comment

Most Popular

To Top