FEMALE

Bangga dengan Budaya Tana Luwu

Annisa Muas
Juara II Dara & Daeng Sulsel 2018

Yang muda, yang berprestasi. Mumpung masih muda, gapailah prestasi. Inilah yang ditanamkan sosok Female edisi kali ini. Annisa Muas, Juara II Dara dan Daeng Provinsi Sulsel tahun 2018, lalu. Ia mengaku bangga bisa mengenalkan kebudayaan Tana Luwu ke seluruh pelosok Nusantara.

Di zaman milenial saat ini, kreativitas menjadi tuntutan untuk bisa bersaing. Meskipun banyak saingan, tetapi bagi Annisa, itu menjadi motivasi untuk lebih baik dari yang lain. Segudang prestasi telah ditorehkan gadis kelahiran Palopo 4 Februari 1999, lalu. Mulai dari tingkat kota hingga provinsi.

Kepada Palopo Pos, mahasiswa Universitas Cokroaminoto (Uncok) Kota Palopo Semester 6 Jurusan Teknik Informatika, konsentrasi Multimedia ini menceritakan awal mula bagaimana ia terjun ke modeling sebagai duta daerah.

Saat itu, tahun 2017, lalu, ia mengikuti seleksi tingkat Kota Palopo. “Saya dipercayakan oleh Dinas Pariwisata, dalam hal ini Ibu Andi Enceng, SE melalui seleksi khusus bertempat di kantor Dinas Pariwisata, Palopo. Hingga dapat mewakili kota Palopo dalam ajang pemilihan Putri Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, tanggal 14 April 2017, lalu bertempat di Hotel Swiss Bell Inn, Makassar,” sebutnya.

Dengan bimbingan, dan arahan, serta kepercayaan diri, saat itu, ia berhasil meraih gelar Juara II Putri Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2017. Namun, hal itu belum membuat seorang Annisa merasa maksimal dalam suatu pengabdian untuk kota yang dibanggakan ini, yakni Kota Palopo.

“Maka, saya kembali mengikuti ajang pemilihan Ana’ Dara Kallolo 2018 yang di adakan oleh Dinas Kebudayaan Kota Palopo yang di pimpin Akmal Hasan,S.Sos. Dengan segala seleksi yang saya lalui, seperti tes wawancara bakat, dan pengetahuan, sehingga saya dapat meraih Runner I Ana’ Dara Kallolo Kota Palopo 2018, dan saya kembali dapat diberikan kepercayaan untuk mewakili Kota Palopo dalam ajang pemilihan Dara dan Daeng Sulawesi Selatan Tahun 2018 yang bertempat di Hotel Sahid Jaya, Makassar, Sabtu, 28 April 2018, lalu,” ungkapnya.

Hal itu, lanjut Annisa, tidak membuat ia merasa cukup. Sehingga, ia masih akan mengabdikan diri kepada Kota Palopo dengan cara mengharumkan nama Kota Palopo di ajang pemilihan selanjutnya.

Sekaitan dengan akan digelarnya Festival Kerajaan Nusantara (FKN) ke-13 di Kota Palopo, 9 September 2019, mendatang, kata Annisa, sebagai tuan rumah, di mana semua raja-raja yang ada di Indonesia maupun di luar Indonesia akan hadir, dan dalam kegiatan ini-lah, kita dapat mengenalkan budaya Tana Luwu ke masyarakat luas dan pula dalam hal ini Ana’ Dara Kallolo, serta Putri Pariwisata sangat diberdayakan guna menyukseskan acara yang akan diadakan.

“Motivasi saya dalam hal ini, selain sebagai kewajiban saya untuk membanggakan kedua orang tua saya juga selalu berfikir untuk hal apa yang dapat saya berikan setidaknya kepada daerah saya dimana tempat saya dilahir-kan, dan dibesarkan. Serta saya tahu tanah kelahiranku adalah tanah yang penuh dengan keindahan dari segi suku adat budaya sejarah dan agama,”ujarnya.

Ia pun berpesan kepada remaja milenial lainnya, agar selalu sadar akan keagungan dari kota kita Palopo, sebagai kota yang diwarisi kerajaan Luwu.(idr)

Data Diri

Nama : Annisa
TTL : Palopo, 04 Februari 1999
Alamat : Jalan Batara Kota Palopo
Ayah : Muas Muchtar
Ibu : Sania

Jenjang Pendidikan : – SDN 527 Sawerigading, Palopo
– SMP Pesantren Datok Sulaiman, Palopo
– SMK Negeri 1 Palopo
– Universitas Cokroaminoto Palopo

Prestasi : – Putri Pariwisata Kota Palopo (2017)
– Runner Up II Putri Pariwisata Provinsi Sulsel (2017)
– Juara II Ana’ Dara Kallolo Kota Palopo (2018)
– Juara II Dara dan Daeng Sulsel (2018)

Click to comment

Most Popular

To Top