FEMALE

Rajin Turun ke Lapangan

Andi Maryam M Nur Palullu, SE.,M.Ak
Direktur Keuangan, Umum, dan Perencanaan PAM TM Palopo

Bukanlah hal yang baru lagi bila seorang wanita menduduki jabatan baik pada instansi pemerintah maupun swasta saat ini. Hal ini membuktikan kalau saat ini peran wanita dan pria sama di dunia kerja.

Demikian halnya Andi Maryam M Nur Palullu, SE.,M.Ak. Sosok female pekan ini adalah seorang wanita yang menduduki jabatan penting pada Perusahaan Air Minum (PAM) Tirta Mangkaluku Kota Palopo tepatnya sebagai Direktur Umum, Keuangan, dan Perencanaan yang dilantik Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH, Selasa 16 Mei 2017, lalu.

Andi Maryam yang kerap disapa Kak iam ini merupakan sosok wanita yang tegas dan disiplin. Awal bergabung di Perusahaan Air Minum Tirta Mangkaluku sejak tahun 2006 dengan posisi sebagai staf umum tepatnya sebagai sekretaris. Namun waktu terus bergulir yang akhirnya membawa Andi Maryam menduduki jabatan direktur diembannya saat ini.
Sebelum menduduki jabatan sebagai Direktur Bidang Umum & Keuangan, Andi Maryam juga sempat menduduki jabatan Kasubag Akuntansi tepatnya pada tahun 2011-2014.

Memang sangatlah tepat jika sampai saat ini Andi Maryam menduduki jabatan tersebut selain karena posisi sebelumnya sebagai Manager Keuangan juga dilatarbelakangi oleh jalur pendidikannya sebagai Sarjana Ekonomi jebolan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dan Alumni Magister Akuntansi Universitas Muslim Indonesia Makassar.

Mengingat posisinya saat ini yang merupakan jantung perusahaan maka tak salah jika seluruh Karyawan menaruh harapan yang besar padanya dalam rangka menjaga kestabilan keuangan perusahaan, dengan peran cukup penting inilah membuat putri sulung dari Andi M. Nur Palullu ini menghabiskan hampir sepenuh waktunya untuk Perusahaan Air Minum Tirta Mangkaluku Kota Palopo.

Makanya tak heran jika dia sering berkantor hingga larut malam. Namun demikian bukan berarti dirinya luput dari kebersamaan keluarga dan sahabatnya.

”Makanya kalau hari Sabtu dan Minggu atau hari libur lainnya total waktu saya habiskan bersama keluarga dan juga sahabat,” urai istri Ismail Muhammad Ali ini.

Menurut alumni SMAN 1 Kota Palopo ini, apa yang saat ini telah diraihnya, khususnya karir saya di Perusahaan Air Minum Tirta Mangkaluku Kota Palopo tak lepas dari bimbingan Direktur Utama, H. Yasir, serta support keluarga dan juga rekan kerjanya.
Kak iam menjelaskan lebih jauh, dengan tanggung jawab besar karena membidangi tiga bidang, membuatnya harus terus mengembangkan keilmuan. “Kalau jabatan dulu-kan seputar keuangan, dan itu sudah menjadi dasar saya sejalan dengan keilmuan. Tapi dengan membidangi pula bidang perencanaan, maka otomatis keilmuan tentang perencanaan pun harus saya kuasai,” sebutnya.
Menangani bidang perencanaan, lanjut Kak iam, harus rajin turun juga ke lapangan.
“Melihat langsung apa yang akan dilakukan PAM TM ke depan. Baik fisik. Ini identik dengan teknik sipil, untuk itu saya belajar lagi ilmu baru untuk bisa melakukan perencanaan lebih baik,” tegasnya.
Misalnya saja, kata Kak iam,developer yang lebih terarah. “Pengembangan saya selalu mencoba mengambil bagaimana tindakan yang baru, dengan tidak ada yang rugi. Baik PAM TM juga pihak lain,” tutupnya.(idr)

Data Diri:

Naman : Andi Maryam M Nur Palullu, SE M.Ak
TTL : Makassar, 7 Maret 1979
Suami : Ismail Muhammad Ali, ST
Alamat : Jalan Veteran Poros Palopo – Rantepao

Jenjang Karier

  • Jabat Kasubag Akuntansi PAM TM (2011 – 2014)
  • Manager Keuangan PAM TM (2014 – 2017)
  • Direktur Keuangan, Umum, dan Perencanaan PAM TM (2017-sekarang)

Sekolah

  • SDN 84 Salolo Palopo
  • SMPN 1 Palopo
  • SMAN 1 Palopo
  • S1 Fakultas Ekonomi UMI, Makassar
  • S2 Magister Akuntansi UMI, Makassar

Click to comment

Most Popular

To Top