Politik

Bawaslu Pantau Pergerakan ASN

* Diduga Bergerak Galang Dukungan

PALOPO — Mendekati pemilus serentak yang tinggal 34 hari lagi, Bawaslu Kota Palopo makin intens melakukan pengawasan. Selain terhadap caleg, penyelenggara pemilu tingkat Kota Palopo, memantau pula pergerakan ASN. Diduga ASN bergerak menggalang dukungan.

Ada informasi yang masuk ke Bawaslu, sejumlah ASN diduga terlibat dalam menggalang dukungan untuk para caleg untuk DPRD Kota Palopo dalam pileg mendatang. Informasi yang dihimpun menyebutkan keterlibatan ASN yang berada di beberapa instansi pemerintahan menjadi motor penggalang dukungan untuk caleg khususnya di dapil I Kota Palopo.

Katanya, mulai dari camat sampai pejabat tinggi lainnya di lingkup Pemkot Palopo.

Keterlibatan beberapa ASN karena sisi emosional yang membuat mereka terlibat melakukan penggalangan dukunganyang memengaruhi netralitas mereka sebagai ASN.

Seperti keterlibatan istri atau anaknya dan kerabat dalam pileg ini membuat seorang ASN ini terlibat.

Untuk itu, diharapkan pihak Bawaslu melakukan pengawasan intesn di lapangan atas keberadaan ASN yang disinyalir menjadi sarana para caleg dalam menggalang dukungan.

Komisioner Bawaslu Palopo, Ahmad Ali, mengatakan, pengawasan ini dilakukan umumnya dengan cara memberikan imbauan. Bahkan bagi Bawaslu juga sudah mengeluarkan imbauan di tempat atau sarana pendidikan dan lingkup pemerintahan.

“Tujuannya agar para ASN tidak bersikap netral. Namun kita tetap sikapi jika ada masyarakat yang melaporkan hal tersebut. Kalau sudah terendus dan menguatkan keterlibatan ASN ini maka kita akan lakukan proses lebih lanjut,” katanya siang kemarin.(rul/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top