Luwu Utara

DLH Ajak Kurangi Sampah Plastik

ilustrasi

SAMBA–Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) mengajak Perangkat Daerah (PD) lain untuk sama-sama mengampanyekan pengurangan sampah plastik. Ajakan tersebut tersirat dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemeriksaan Formulir UKL-UPL, di Ruang Rapat Asisten II Setdakab, baru-baru ini.

Pada Rakor tersebut, tidak ada lagi hidangan yang disajikan dalam bentuk kemasan. Mulai makanan/snack sampai minuman, semua disajikan dengan memakai piring dan gelas. Ada snack produk UKM, pun ada juga minuman kopi dan teh. Pemandangan ini mendapat apresiasi dari Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang), Syamsul Syair.

“Penyajian menu makanan dan minuman pada rapat kali ini sungguh berbeda dari biasanya. Ini kelihatan sederhana dan biasa saja, tapi ada dampak yang luar biasa dari apa yang kita lakukan hari ini,” kata Syamrul.

Dengan mengurangi penggunaan kemasan plastik, berarti pemerintah berandil besar mengatasi masalah persampahan di Lutra.

Menurut dia, bukan hanya persoalan persampahan, tetapi juga bisa menjadi triger bagi produk Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk berkembang.

“Ini sederhana, tapi insya Allah hasilnya akan luar biasa, karena dapat juga memutar roda erekonomian di Kabupaten Lutra,” terang mantan Kepala BAPPEDA ini.Untuk itu, ia berharap PD lain bisa mengikuti apa yang dilakukan DLH.

“Kita tentu berharap, penyajian seperti ini bisa diterapkan PD lain,” harap Syamsul. Sementara Kabid Tata Lingkungan DLH, Asrul Sani, mengatakan, penyajian pada rapat di Dinas LH sudah didiskusikan terlebih dahulu. “Model penyajian seperti ini akan terus kita lakukan,” ungkap Asrul. (jun/ded)

Click to comment

Most Popular

To Top