Metro

Konsumen Diminta Teliti Sebelum Membeli

*Hari Kedua Sidak Mamin tak Berlabel Halal

SALOBULO — Tim terpadu yang terdiri dari Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, BPOM, Satgas Pangan, kepolisian, dan Satpol-PP kembali melakukan sidak makanan dan minuman (mamin) yang tak berlabel halal, Rabu 13 Maret 2019.

Seperti di hari pertama, tim terpadu masih banyak menemukan makanan dan minuman yang diperjualbelikan tanpa menggunakan label halal. Dimana sidak tersebut dilakukan di Hypermart, Mega Plaza, Toko Matahari, Toko Merry, Toko Setia Budi, Toko HS, dan sejumlah toko sub distributor barang besar di Kota Palopo.

Kepala Dinas Perdagangan melalui Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Pengawasan Dinas Perdagangan Kota Palopo, Nurpati kepada Palopo Pos mengatakan, sidak yang dilakukan pada kesempatan itu juga sebagai sosialisasi, mengingat akan ada aturan tentang label halal yang berstandar Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk bahan pangan olahan.

”Yang paling banyak kami temukan di Hypermart. Karena barang-barang tersebut dari luar,” sebutnya.

Nurpati mengimbau kepada para pelaku usaha agar tidak lagi mengorder bahan makanan olahan baik lokal maupun impor yang tidak berlabel halal. Begitu juga dengan konsumen, harus teliti sebelum membeli.

“Konsumen juga harus teliti sebelum berbelanja. Jadilah konsumen yang cerdas. Jangan asal tarik saja. Tetap jeli. Perhatikan label halalnya, begitu juga dengan masa edar atau kadaluarsanya,” tegas Nurpati.
Dari hasil sidak itu, tim terpadu menemukan sejumlah bahan pangan yang tidak mencantumkan label halal dan tim juga menemukan produk yang melewati masa edar (kadaluwarsa).

“Produk yang tidak mencantumkan label halal ini tidak kami tarik, hanya kami catat merek dan produsennya. Kami menghimbau kepada pelaku usaha agar produk yang didapati, sebaiknya tidak diorder lagi,” sebutnya lagi.

Seperti diberitakan sebelunya, Dinas Perdagangan dan Dinas Kesehatan, bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap produk makanan dan minuman (mamin) di sejumlah swalayan di Kota Palopo, Selasa 12 Maret 2019.

Dalam sidak tersebut petugas menemukan ratusan jenis makanan dan minuman yang dijual bebas tanpa memiliki label halal. Sebanyak 102 jenis produk makanan dan minuman yang dijual bebas di swalayan tidak berlabel halal.(rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top