Ekonomi

UD Saputra Jaya Motor Andalkan Truk Seken

PALOPO-– UD Saputra Jaya Motor merupakan bisnis mobil bekas (mokas) pertama di Palopo. Sudah beroperasi sekira 20 tahun di kota ini. Dulu sewa ruko jualan di Jl. Durian. Kini sudah punya show room di Jl. Kelapa, berhadapan dengan Kantor Satlantas Polres Palopo.

Owner UD Saputra Jaya Motor, Agus Edi Saputra yang ditemui Palopo Pos di show room Jl. Kelapa, Rabu, 13 Maret 2019 kemarin, mengungkapkan, pihaknya menjual berbagai macam mobil seken atau mokas, dan berbagai merek. Dan yang diandalkan mendongkrak penjualan adalah truk.

Saat ini ready truk Mitsubishi dan truk Isuzu. Juga ada city car seperti Ayla, MPV Avanza, mobil sport Pajero, hingga truk. Harganya pun murah, seperti Pajero harga Rp470 juta, Avanza tahun 2013 seharga Rp130 juta, Ayla tahun 2018 Rp105 juta.

Penjualan truk lebih banyak ketimbang mobil passenger, karena umumnya dibeli pengusaha yang ingin menggunakan truk komersil dengan harga lebih murah. Pembeli truk rata-rata dari Lutim dan Lutra. Sementara untuk pembelian mobil passenger, show room mokas relatif kalah bersaing dengan diler mobil.

Pasalnya, sejumlah diler memberi DP untuk mobil baru hanya Rp10 jutaan. Sementara DP di show room mokas paling rendah Rp20 jutaan walaupun angsuran jauh lebih rendah. ”Dan rupanya, masyarakat kita di sini lebih suka DP rendah walau angsuran lebih tinggi, ketimbang DP tinggi angsuran rendah,” terang Agus.

Disinggung realisasi penjualan, Agus mengatakan, saat ini penjualan rendah. Itu dialami sejak tahun 2014 hingga sekarang. Salah satu penyebabnya karena sudah banyak usaha show room yang beroperasi di Palopo, jumlahnya kira-kira 15 unit.

Saat ini rata-rata penjualan per bulan sebanyak dua hingga tiga unit. Berbeda pada tahun 2010 hingga 2013, penjualan rata-rata mencapai 5-6 unit per bulan. ”Paling kencang penjualan 2010-2013,” ungkapnya. (ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top