Pendidikan

“Tak Ada Alumni Teknik Sipil Menganggur”

* Wakil Rektor III 3 Unanda Buka Pekan Raya

PALOPO— Jangan takut kuliah di Teknik Sipil, karena tidak ada alumninya yang menganggur. Kalau ada yang menganggur, berarti yang bersangkutan memang malas. Pasalnya, lapangan kerja untuk alumni program studi (Prodi) ini sangat banyak.

”Sekitar 70 persen lapangan kerja membutuhkan alumni Teknik Sipil. Dan sejak selesai di Unanda, saya tidak pernag menganggur. Justru sebaliknya, pekerjaan yang cari alumni Teknik Sipil. Kalau selesai pekerjaan satu, ada lagi pekerjaan yang lain,” jelas Ketua Ikatan Alumni Teknik Sipil Universitas Andi Djemma (Unanda), Abdul Malik ST saat menyampaikan testimoni pada pembukaan Pekan Raya Teknik Sipil Fakultas Teknik Unanda di Auditorium SaokotaE Palopo, Selasa, 19 Maret 2019 kemarin.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unanda, Dr Laola Subair SH MH. Juga dihadiri Dekan Fakultas Teknik Unanda Jusmidah ST MT, Ketua Prodi Teknik Sipil, Lusman Sulaeman ST M.Eng. Mereka secara bergantian menyampaikan sambutan. Juga nampak hadir sekira 200 mahasiswa Teknik Sipil Unanda, mahasiswa UNCP, dan mahasiswa dari kampus lain di Palopo.

Para pembicara yang menyampaikan sambutan, juga menegaskan testimoni Ketua IKA tersebut. Namun mereka meningatkan mahasiswa agar jangan terlalu lama menyelesaikan studi. ”Kalau Ketua IKA tujuh tahun kuliah baru selesai, maka adik-adik Teknik Sipil yang masih kuliah, paling lama lima tahun-lah. Kalau bisa, 3 tahun 8 bulan, sudah selesai,” terang Laola.

Hal senada diungkapkan pula Dekan Fakultas Teknik dan Ketua Prodi dalam sambutannya. Keduanya juga mengungkapkan, bahwa ini merupakan kali pertama Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) mengadakan Pekan Raya yang berlangsung selama satu pekan dan diisi dengan banyak item kegiatan. Salah satunya Seminar Nasional K3 (tentang Keselamatan Kerja) dengan mendatangkan pembicara nasional.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pekan Raya Teknik Sipil Unanda, Wendi Septrianto melaporkan, kegiatan ini mengangkat tema “Membangun Kebersamaan Antar Sesama Mahasiswa dan Mewujudkan Sinergitas Antar Sesama Generasi Mahasiswa”.

Sejumlah item kegiatan dilaksanakan selama Pekan Raya, mulai dari Civil Expo, Civil Games, dan Bakti Sosial. Civil Expo terdiri tiga item kegiatan yakni seminar nasional, pameran laboratorium, dan autocad building. Kemudian Civil Games terdiri dua item kegiatan yakni pertandingan futsal dan catur. Serta bakti sosial terdiri dua item kegiatan yakni donor darah dan cek kesehatan.

Setelah pembukaan, kegiatan pertama yang dilaksanakan adalah cek kesehatan gratis di kampus Unanda Jl. Tandipau, Selasa siang. Esoknya Rabu hari ini, dijadwalkan donor darah kampus Unanda Jl. Tandipau. (ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top