Utama

Pusat Alokasikan Rp150 M untuk Pelebaran Jalan

*Perjuangan Bahrum Daido untuk Luwu Raya-Toraja

PALOPO — Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Demokrat, Dr Ir H. Bahrum Daido terus memperjuangkan pembangunan sarana infrastruktur di dapil Sulsel 3 khususnya, dan di Indonesia seluruhnya.
Secara spesifik, Bahrum lebih banyak menggelontorkan program dan anggaran pusat ke dapil Sulsel 3. Diantaranya, anggaran pelebaran jalan.

Tahun 2019 ini, kata Bahrum Daido yang ditemui, Ahad 24 Maret 2019 di kediamannya di Palopo, mengatakan, mulai dari Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja Utara, Tana Toraja, dan Enrekang mendapat alokasi anggaran pelebaran jalan.
“Kalau ditotal semuanya itu, ada sekitar Rp150 miliar untuk ke semuanya di dapil Sulsel 3,” ungkapnya.

Ia mencontohkan, untuk lanjutan pelebaran jalan di Kabupaten Luwu, akan dikonsentrasikan kelanjutan empat jalur di Ibukota Belopa. “Yang 2 km sudah dikerjakan tahun 2018, lalu. Dan tahun 2019 ini kembali kita tambah 2 km lagi,” ujarnya.

Di Kota Palopo, juga ada pelebaran jalan di Jalan Dr Ratulangi sampai TMP Palopo. Ia bahkan akan memperjuangkan pelebaran jalan di Palopo ini, mulai dari Sampoddo sampai ke Jembatan Miring.
Selanjutnya, di Kabupaten Luwu Utara, tepatnya di Kota Masamba, juga akan ada tambahan pelebaran jalan.

Terus, di Luwu Timur, tepatnya di Kota Malili akan ada pelebaran jalan.
Di Tana Utara, juga akan ada pelebaran jalan sampai ke Palopo. Di Tana Toraja, hingga ke Enrekang.

Bahrum menjelaskan, kenapa hanya di ibukota kabupaten? Diungkapkannya, karena, saat ini, kebutuhan pelebaran jalan menyasar wilayah yang mempunyai tingkat kepadatan kendaraan tinggi. “Jadi kita mau tidak macet, menumpuk kendaraan, jadi kita lebarkan,” ujar mantan Bupati Luwu tahun 2008-2009 ini.

Sebagaimana diketahui, selama duduk di DPR RI Komisi V yang membidangi infrastruktur, bandara, jembatan, dan dana desa, Bahrum telah banyak memperjuangkan program dan bantuan. Berbagai jalan nasional yang melalui Luwu Raya, Toraja telah diperjuangkannya. Seperti pelebaran jalan di Belopa, pelebaran jalan di Kota Palopo arah Selatan (Songka) dan Utara (Balandai).(idr)

Click to comment

Most Popular

To Top