Toraja

Kadinkes Torut Marah

*Hanya 11 Kepala PKM Hadiri Sosialisasi BOK

RANTEPAO–Dinas Kesehatan (Dinkes) Toraja Utara (Torut) mengadakan pertemuan pengelola keuangan Biaya Operasional Kesehatan (BOK) berlangsung di ruang pertemuan lantai satu ayam penyet, Rantepao, Selasa, 26 Maret 2019.

Pertemuan yang dipimpin Kadis Kesehatan (Kadinkes) Torut, Elizabeth Zakaria Mangeke, didampingi Kasi Perbendaharaan BPKAD Ani dan Kabid Dinas Kesehatan, Arung Ledo.

Sebelum sosialisasi BOK dimulai, Elizabeth Zakaria Mangeke, berang ketika melihat hanya 11 Kepala Puskesmas (PKM) dari 28 PKM yang ada di Kabupaten Torut.

“Ini masalah pertanggung jawaban keuangan harusnya hadir, apa sebabnya tidak hadir.

Tolong ditelepon kepala puskesmasnya agar hadir, masa kepala puskesmas yang lainnya hadir sedang separuhnya tidak ada,” kata Kadinkes, siang kemarin.

Usai menjadi narasumber, Elizabeth Zakaria Mangeke, kepada Palopo Pos, mengatakan, sosialisasi BOK tidak hanya melibatkan Dinkes, tetapi Camat, Kepala Lembang, Lurah, Kepala Puskesmas beserta stafnya ikut dipanggil.

“Kenapa kita memanggil mereka agar program bantuan operasional kesehatan, karena program itu adalah preventif dan promotif. Artinya, supaya masyarakat itu jangan sakit, kalau promotifnya atau preventifnya kuat. Masyarakat bisa merubah pola hidupnya dan dipastikan mereka pasti akan sehat,” kata Kadinkes Torut.

Lanjut dikatakannya, jangan nanti sakit baru cari pelayanan kesehatan, jadi sebelum masyarakat sakit mereka bisa mendapatkan pelayanan yang baik, dengan diberikan sosialisasi tentang kesehatan.
Kesehatan lingkungannya bagaimana agar tidak ada masyarakat yang terkena dampak gizi buruk.

“Dilibatkannya lintas sektor agar program puskesmas itu mengetahui kegiatan-kegiatan Preventif dan promotif dan masyarakat bisa dipengaruhi untuk merubah kebiasaan -kebiasaan yang selama ini mereka tidak bisa lakukan untuk merubah pola hidupnya. Misalnya pola hidup bersih, gerakan hidup sehat, Gernas itulah yang wajib diketahui oleh masyarakat,” bebernya.

Ditambahkannya, jika di Tana Toraja ada tagline Jangan biarkan rakyatku sakit, maka Torut berkomitmen masyarakat Torut harus sehat karena ada penguatan Preventif dan promotif. (alb/ded)

Click to comment

Most Popular

To Top