Utama

Abubakar Wasahua Dorong Pembangunan Infrastruktur

PALOPO— Anggota DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan, Drs. H Abu Bakar Wasahua, SH, MH, terus memperjuangkan pembangunan di Luwu Raya. Untuk tahun 2019, legislator yang dikenal Sang Pengabdi Tanpa Pamrih ini, fokus memperjuangkan pembangunan di bidang infrastruktur.

Abu Bakar Wasahua yang tergabung dalam Komisi V DPR RI meminta kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memprioritaskan program-program yang bersentuhan langsung dengan rakyat dalam Pagu Anggaran tahun 2019. Diantaranya, untuk sektor sumber daya air (SDA), seperti pembangunan waduk dan program pengembangan, serta pengelolaan irigasi.

”Program-program yang dicanangkan PUPR untuk tahun anggaran 2019, hendaknya berorientasi pada pemenuhan kebutuhan masyarakat, seperti pembangunan waduk dan pengembangan irigasi,” ungkap Anggota Komisi V DPR RI Abubakar Wasahua saat Rapat Kerja dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, pembangunan infrastuktur, seperti bendungan maupun waduk terhitung masih minim di Indonesia. Jumlah bendungan tidak berbanding lurus dengan potensi alam yang dimiliki Indonesia.

”Kalau kita lihat pembangunan bendungan dari aspek kuantitas masih jauh. Karenanya kita harapkan pemerintah memperhatikan hal ini untuk menghidupkan ratusan ribu lahan persawahan di Indonesia. Tentunya, juga yang ada di Luwu Raya termasuk yang ada di Toraja,” jelasnya kepada Palopo Pos, Kamis, 28 Maret kemarin.

Ia menambahkan, pembangunan waduk secara langsung memiliki dampak pada ketahanan pangan nasional, karena menghidupkan lahan produksi pertanian dalam negeri.

Perlu diketahui, legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang menggantikan Hj. Fatmawati Rusdi ini, sebelumnya sudah berjuang ke masyarakat tiga periode di DPRD Sulsel. Yakni, periode 1999, 2004, dan 2009.

Abu Bakar Wasahua mengatakan, selaku kader partai, dirinya senantiasa tunduk dan patuh menjalankan amanah dan tugas-tugas partai di parlemen.

”Saya ini kader partai PPP. Sehingga tugas-tugas partai yang diamanahkan kepada saya, insya Allah akan dilaksanakan sebaik mungkin,” ujar Abu Bakar Wasahua, yang sementara menyelesaikan program Doktornya di Bidang Hukum Universitas Muslim Indonesia.

Sebagai anggota DPR RI, menurutnya, ia akan terus memperjuangkan atau menjembatani kepentingan masyarakat di DPR RI. ”Saya siap wakafkan diri untuk masyarakat Sulsel khususnya yang tergabung di daerah pemilihan III Sulsel yang meliputi Luwu Raya, Toraja, Sidrap, Enrekang, dan Pinrang,” bebernya.

Adapun kegiatan yang telah diarahkan ke daerah pemilihannya, seperti Bedah Rumah sebanyak 1.556 rumah
. Selain itu, 160 kegiatan Irigasi.

Infrastruktur lainnya adalah Jembatan Gantung, BUMDES, dan Pemberdayaan Ekonomi Pasantren. ”Ini yang jadi perhatian saya sebagai anggota DPR RI,” katanya.

Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, ini, telah mengusulkan pembangunan 1.556 unit rumah pada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

1.556 unit rumah tersebut diperuntukkan bagi warga berpenghasilan rendah di Luwu Raya, melalui program bedah rumah.

Abu Bakar mengaku dirinya telah menyampaikan kepada pemerintah daerah di empat kabupaten/kota di Luwu Raya untuk mengusulkan nama-nama warganya yang layak dibantu. (uce)

Click to comment

Most Popular

To Top