Luwu

907 Kadus Bakal Dihadiahi Sepeda

* Basmin: Kadus Ujung Tombak Pelayanan

BELOPA –— Bukan hanya Presiden Joko Widodo yang bisa memberikan hadiah sepeda untuk masyarakat. Bupati Luwu, Drs H Basmin Mattayang, M.Pd bahkan juga menjanjikan akan memberikan sepeda kepada masyarakat di daerahnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Luwu ini berjanji, dirinya akan memberikan sepeda bagi 907 kepala dusun (Kadus) yang ada di Kabupaten Luwu.

Bupati Luwu H Basmin Mattayang, kepada wartawan harian Palopo Pos, Jumat, lalu, mengungkapkan, dalam memimpin aparatur dan melayani masyarakat, dirinya menginginkan adanya keadilan dan rasa kebersamaan serta perlunya memberi perhatian kepada aparatur. Salah satu aparat yang perlu mendapat perhatian adalah perangkat desa terbawah di desa yaitu para kepala dusun (Kadus).

“Para kepala dusun adalah ujung tombak pelayanan masyarakat ditingkat bawah dan perlu mendapat apresiasi. Untuk itu saya berjanji akan memberikan mereka sepeda demi menunjang tugas-tugasnya ditengah masyarakat. Sebetulnya keinginan memberikan sepeda ingin saya wujudkan di periode pertama saya,” ungkap Basmin.

Basmin mengatakan, untuk mengoptimalkan tugas-tugas aparatur dilingkup Pemkab Luwu, dirinya berupaya memberikan fasilitas kendaraan dinas. mulai dari tingkat kepala dinas, kepala bidang, camat, para kepala desa, termasuk para kepala dusun.

“Kepala OPD sudah kita fasilitasi mobil dinas. Demikian pula kepala bidang dan camat. Kepala desa juga kita fasilitasi motor. Tentu ada baiknya kita apresiasi para kepala dusun.

Mereka bekerja keliling didesanya untuk menagih pajak bumi dan bangunan (PBB-P2). Tidak ada salahnya kita berikan mereka sepeda. Disamping untuk memudahkan tugas mereka dilapangan, sepeda ini juga bisa digunakan untuk berolahraga,” kata Basmin.

Jika memang para Kadus ini akan diberikan hadiah masing-masing 1 unit sepeda, dapat dipastikan Pemkab Luwu bakal menyediakan sekitar 907 unit sepeda, seb ab jumlah dusun/lingkungan dari 227 desa/kelurahan di Luwu sebanyak 907 kadus/kepala lingkungan.

“Mungkin tahun 2020 bisa kita anggarkan pengadaan sepeda tersebut. Tetapi saya ingin secepatnya. Dan bila dimungkinkan, kita upayakan pengadaan sepeda para Kadus ini dapat dianggarkan pada APBD-Perubahan 2019,” tandas Basmin. (and/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top