Luwu

KPU Siapkan 1.172 TPS

* Libatkan Puluhan Ribu Penyelenggara

BELOPA — Jika tidak ada aral melintang, Rabu 17 April 2019, lusa, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu akan menggelar Pemilu serentak di 1.172 tempat pemungutan suara (TPS) se-Kabupaten Luwu.

Begitu masifnya pesta demokrasi ini, sehingga melibatkan puluhan ribu penyelenggara di tingkat KPU Luwu dan jajaran maupun Bawaslu dan jajaran serta aparat keamanan dan Linmas.

Komisioner KPU Luwu Divisi SDM dan Parmas, Adly Aqsha, kepada Harian Palopo Pos, Minggu, kemarin, mengatakan, KPU Luwu dan jajaran siap menggelar pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 Rabu 17 April 2019 mendatang, sehingga jauh hari sudah dilakukan proses perekrutan penyelenggara mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan hingga tingkat pemungutan suara.

“Jumlah penyelenggara Pemilu 2019 di Kabupaten Luwu mencapai 12.176 orang. Adapun rinciannya, 8.204 orang anggota KPPS yang akan bertugas di TPS, sebanyak 1.362 orang penyelenggara ditingkat desa (PPS), 176 orang yang terlibat ditingkat kecamatan (PPK), 35 orang penyelenggara ditingkat Kabupaten Luwu (anggota KPU dan staf sekrretariat), dan kami juga melibatkan relawan demokrasi sebanyak 55 orang,” ungkap Adly.

Tidak hanya melibatkan penyelenggara Pemilu ditingkat KPU Luwu, pula Pemilu melibatkan penyelenggara pada lembaga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang jumlahnya cukup banyak mencapai ribuan orang.

“Jumlah Bawaslu dan jajaran yang terlibat sebanyak 1.468 orang, terdiri dari 3 komisioner Bawaslu, 66 orang Panwascam, 227 orang Panwas Desa/kelurahan, dan 1.172 Pengawas TPS. Jumlah ini masih diluar pegawai sekretariat Bawaslu, staf ditingkat Panwascam,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Luwu, Abdul Latif Idris. (and/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top