Kriminal

Polres Kerahkan 1 SSK Pasukan Brimob

*Hadapi Masa Tenang Hingga Pelaksanaan Pemilu

PALOPO — Memasuki hari tenang, personel Polres Palopo bersama pasukan Brimob Baebunta siaga dalam rangka menghadapi masa tenang pemilu 2019. Hal ini ditegaskan Kabag Ops Polres Palopo, AKP Sanodding, Minggu 14 April 2019 kemarin.

1 Satuan Setingkat Kompi (1 SSK) yaitu sekitar 100-150 personel. Mereka melakukan pengamanan di masa tenang dengan beberapa kegiatan terkait penyelenggara pemilu. “Tugas Brimob adalah melakukan backup pengamanan. Setelah masa tenang, tentu akan ada pelaksanaan pencoblosan, dan sebagai petugas kita harus mampu memberi rasa aman dan tegas dalam penegakan hukum,” ujar Sanodding.

Selain pasukan Brimob, Polres Palopo akan diback up anggota TNI yang berjumlah 1 SST dari Kodim dan 1 SST dari Pasukan 721. Adapun petugas yang disiapkan untuk menjaga pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 296 personil dari 440 petugas Polres Palopo.

“Sebagian standby di Polres Palopo sebagian disebar melakukan tugas pengamanan di luar. Kami yakin dengan sistem pengamanan, jumlah personil dan kelengkapan pasukan diyakini bahwa Pesta Demokrasi ini akan berjalan lancar dan aman,” tandas Sanodding.

Sebelumnya, Polres Palopo mematangkan persiapan pengamanan Pemilu 2019 dengan cara digelar simulasi di Halaman Polres Palopo. Dalam simulasi tersebut, diperagakan massa berjumlah ratusan orang mengamuk dan memprotes proses pemilu. Melihat massa makin beringas, pasukan Polres Palopo menghadangnya.

Mereka merupakan massa salah atau pasangan capres yang tidak terima dan melakukan protes dengan cara brutal. Petugas dengan menggunakan tameng berupaya melakukan negoisasi agar massa tenang. Namun situasi malah memanas. Melihat kondisi itu, bantuan pasukan Dalmas Polres Palopo berusaha mengamankan situasi namun massa malah brutal dan melempari petugas.

Mereka juga mencoba menerobos barikade yang dibentuk kepolisian. Secara bersamaan, Brimob yang sudah siaga sejak awal merangsek dengan meminta agar massa mundur sekaligus mengamankan beberapa orang yang diduga sebagai provokator. (him)

Click to comment

Most Popular

To Top