Luwu

Prioritas Wilayah Terpencil

* KPU Luwu Distribusi Logisitik Perdana

BELOPA –— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu, Minggu 14 April 2019, mulai melakukan distribusi logistik Pemilu 2019 ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Distribusi logistik Pemilu yang mulai dilaksanakan Minggu kemarin ini disaksikan forum kordinasi pemerintah daerah (FKPD) Kabupaten Luwu dan dipantau dan diawasi langsung jajaran Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Luwu.

Ketua KPU Luwu, Hasan Sufyan, dalam sambutannya, mengatakan, distribusi logistik dilakukan selama tiga hari mulai Minggu, Senin, dan Selasa (14-16 April) mendatang, dengan memprioritaskan wilayah terpencil, seperti Kecamatan Latimojong, Bastem. Bastem Utara dan Walenrang Barat, termasuk Suli Barat.

“Distribusi logistik untuk Pemilu sebanyak 6.102 kotak. Untuk distribusi logistik perdana ini kita menyasar 178 TPS di 5 wilayah kecamatan yang berada diwilayah pegunungan. Adapun rinciannya 201 kotak di kecamatan Latimojong, 166 kotak kecamatan Bastem, 186 kotak di kecamatan Bastem Utara, 211 kotak di Kecamatan Walenrang Barat, 181 kotak di Kecamatan Suli Barat,” ungkap Hasan Sufyan.

Hasan menjelaskan, pendistribusian logistik ini akan dikawal ketat aparat keamanan mengingat logisitik ini adalah sarana bagi warga Negara Republik Indonesia dalam menggunakan hak politiknya yang dijamin undang-undang.

“Perlu kami tegaskan dalam kesempatan ini, logistik Pemilu ini bukan hanya sekedar kotak suara dan tumpukan kertas suara, tetapi ini sebagai alat untuk mengkonversi suara pemilih menjadi kursi para penyelenggara negara di negeri ini. Sehingga keberadaannya harus dijaga,” kata alumni Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo ini.

Hasan menambahkan, KPU Luwu dan jajaran sangat teliti dalam menyiapkan logistik Pemilu sebelum di distribusi, dimana mengedepankan prinsip tepat jenis, tepat jumlah, tepat sasaran, dan tepat waktu, tepat kualitas.

“Pendistribusian logistik ini menuju masing-masing PPK, setelah itu PPK yang akan mendistribusi ke panitia pemungutan suara (PPS) lalu di distribusi ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kita juga sangat menjaga secara fisik logistik Pemilu ini, makanya kotak suara kita bungkus dengan plastik dan akan dibungkus terpal,” kata Hasan.

Pendistribusian perdana logistik Pemilu 2019 di sekretariat KPU Luwu dilakukan langsung KPU Luwu, Hasan Sufyan didampingi Kapolres Luwu AKBP Dwi Santoso S.IK, Komandan Kodim 1403 Sawerigading Palopo, Letkol Inf M Imasfy, Ketua Bawaslu, Abdul Latif Idris dan anggota komisioner KPU dan Bawaslu lainnya. (and/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top