Metro

Wali Kota Ingatkan Bayar Zakat

-Dari Peringatan Isra Mi’raj bersama Unsur Kependidikan

PATTENE — Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo bersama kepala sekolah dan tenaga pendidik se Kota Palopo memperingati Peringatan Isra Miraj di indoor Saokotae Kota Palopo, Minggu 14 April 2019.

Ketua Panitia Peringatan Isra Miraj, Taufik menyampaikan peringatan Isra Miraj ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan selama berpisah selama 2 tahun yakni para guru SMA/SMK, SMP/MTs, serta guru PAUD.

Menurut Taufik, berdasarkan data pokok pendidik dan tenaga kependidikan di Kota Palopo, jumlah guru secara keseluruhan yang ada mulai dari PAUD sampai jenjang SMA/SMK total secara keseluruhan berjumlah 3.490 orang.

Menurutnya, peringatan Isra Miraj ini dirangkaikan juga dengan silaturahmi bersama Pemerintah Kota Palopo.
Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH dalam sambutannya menyampaikan peringatan Isra Miraj ini merupakan perbuatan dan muhasabah Rasulullah yang wajib kita ikuti dalam kehidupan sehari-hari.

Momen Isra Miraj untuk bertemu dan bersilaturahmi bersama.
Sementara itu, Wali Kota menyinggung masalah pembayaran zakat. Ke depannya, kata orang nomor satu di Kota Palopo, Pemkot Palopo akan menginformasikan kepada seluruh pegawai baik itu ASN atau honorer apapun statusnya yang ada dalam lingkup Kota Palopo untuk wajib membayar zakat dan diserahkan melalui gaji setiap bulannya.

“Sebelum peraturan ini diberlalukukan terlebih dahulu, saya sebagai Wali Kota Palopo akan mengadakan rapat bersama seluruh kepala sekolah yang ada di Kota Palopo. Dan untuk TNI, polisi, dan pejabat, serta pegawai bank yang ada di lingkup Kota Palopo juga akan dilakukan rapat bersama. ”Saya tidak ingin melihat ada pegawai yang beragama Islam yang ada di Kota Palopo ini tidak membayar zakat.

Dan apabila ada yang diketahui tidak membayar zakat, maka saya akan menyuruh pimpinan yang terkait untuk menindaklanjuti,” tegasnya.
Zakat ini, sebut Wali Kota dibayar setiap tahunnya. Akan tetapi ke depannya zakat ini akan dibayar per bulan. Ini adalah potensi besar untuk membangun Kota Palopo dengan cara halal yang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang ada.

Pembayaran zakat ini akan dilakukan secara berkesinambungan setiap bulannya dan penggunaannya nanti bawah pengawasan dan bimbingan yang baik, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat dicapai apabila zakat ini kita kelola secara baik.
“Pembayaran zakat ini adalah hasil dari konsultasi saya dengan pak Gubernur,” tegas Wali Kota.

Sementara itu, pembawa hikmah Isra Mi’raj, Dr H Suyuti Yusuf yang juga Staf Ahli Wali Kota
mengatakan, adapun hikmah yang dapat diambil peringatan Isra Miraj ditinjau dari segi pendidikan, karena pendidikan dapat merubah pola pikir dan karakter seseorang. Dan setelah dari perjalanan Isra Miraj mendapatkan pelajaran dari perjalanannya tersebut.

”Dalam hal ini membaca tidak hanya secara tulisan atau konseptual saja. Tetapi membaca yang dimaksudkan adalah mampu untuk memahami segala situasi dan kondisi alam di sekitar. Membaca itu harus berulang-ulang sebagaimana yang terdapat dalam surah Al Alaq ayat 1,” jelasnya.

Ada 3 ranah yang harus diperbaiki, lanjutnya, yakni ranah kognitif membentuk akal pikiran manusia sehingga mampu membedakan baik buruknya sesuatu efektif pembentukan karakter dan psikomotorik fisik.

”Apabila seorang guru tidak mampu untuk mengerti tingkah laku atau karakter seorang anak didiknya maka guru tersebut akan selalu marah kepada anak didiknya. Manusia memvisual lewat pandangan, auditori belajar lewat pendengaran, dan hinestetik praktek,” jelasnya lagi.
Sementara itu, turut hadir Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, Asir Mangopo, serta para tenaga pendidik se kota Palopo.(rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top