Ekonomi

Bank Sulselbar Hadirkan Program Pembayaran Pajak Kendaraan ASN

PALOPO— Bank Sulselbar Cabang Utama Palopo menyiapkan fasilitas produk bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait dengan pembayaran tunggakan pajak kendaraan mereka. Produk ini merupakan kerjasama dengan Samsat.

Pimpinan Bank Sulselbar Cabang Utama Palopo, Ruslan kepada Palopo Pos, Senin 15 April 2019 menyebutkan, ini merupakan fasilitas untuk memudahkan para ASN dalam pembayaran pajak kendaraan mereka per tahun. “Kami sudah bekerjasama dengan Samsat terkait hal itu, produk kami ini memberikan pinjaman kepada ASN untuk pelunasan pajak kendaraan mereka,” ucapnya.

Bagi ASN yang belum bisa bayar bisa melalui BPD. Para ASN juga yang menunggak dalam pembayaran pajak mereka cukup menunjukkan BPKB kendaraan dan struk pembayaran pajak mereka kepada Bank Sulselbar.

Dengan sistem yang ada tersebut para ASN membayar pajak mereka itu diangsur dengan potongan sesuai pembayaran pajak atau tunggakan pajak mereka. “Pembayaran pajak para ASN itu nantinya terpotong secara auto debet di tabungan untuk pembayaran pajak,” tambahnya.

Produk Bank Sulselbar ini tidak diberlakukan bunga. Hanya biaya administrasi satu persen dari total pinjaman nasabah. Ini adalah komitmen layanan yang diberikan bank Sulselbar kepada para ASN yang merupakan nasabah terbesar mereka. “Kita berikan kemudahan untuk itu, apalagi sudah bekerja sama dengan Samsat,” sebutnya.

Samsat Palopo saat dikonfirmasi kemarin membenarkan adanya kerja sama itu. Anton Pangerang, Kepala Samsat Palopo menyebutkan, kerjasama antara BPD dengan Samsat sudah terjalin lama. “Di Pemprov Sulsel sudah itu diberlakukan untuk potongan pajak kendaraan oleh para ASN,” katanya.

Bedanya di Palopo, Bank Sulselbar memberikan penambahan layanan produk untuk ASN yang menunggak pajak bakal dilunasi oleh BPD sesuai nominal tunggakan pajak kendaraan mereka. Hanya saja belum ada secara detail data ASN oleh Samsat berapa orang menunggak. Namun disebutkan tentunya adanya layanan ini memberikan kemudahan bagi mereka untuk melakukan pelunasan pajak kendaraan. (ald/ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top