Utama

Caleg Sambut Baik PSU

* Di Luwu dan Palopo, Pemilihan DPRD Kota Ditiadakan

PALOPO — Pelaksanaan pemungutan suara (PSU) akan digelar serentak se Sulsel, Sabtu besok, 27 April 2019. Di Kota Palopo dan Kabupaten Luwu, hanya memilih sampai tingkatan caleg DPRD Sulsel. Untuk DPRD kabupaten/kota, ditiadakan.
KPU Palopo secara tegas menyatakan jika PSU hanya memilih beberapa kertas surat suara saja.

“Khusus untuk tingkat DPRD Kota tak ada PSU,” jelas Komisioner KPU Palopo, Ahmad Adiwijaya, malam tadi.

Menurutnya, dalam surat KPU itu, tiga TPS di Kecamatan Wara, dapil I Palopo, di TPS 7 dan 8 Boting, serta TPS 12 Lagaligo, yang akan diulang hanya pilpres.

Sementara di TPS 4 Tomarundung, Kecamatan Wara Barat, diulang Pilpres dan DPD.

Sementara dua TPS lainnya di dapil tiga Palopo, TPS 7 Surutanga dan di TPS 3 Malatunrung Kecamatan Wara Timur, yang diulang sampai empat tingkatan, yakni Pilpres, DPD, DPR RI, hingga DPRD provinsi.

“Sudah fix. PSU hanya memilih tingkatan DPRD Sulsel saja hingga presiden,” tandasnya.
Hal yang sama juga disampaikan Komisioner Wandi Ismail. Ia menyebutkan, sementara untuk jenis pemilihan yang akan dilakukan pada PSU tersebut dilakukan sesuai dengan jenis surat suara tertentu atau dengan kata lain tidak dilakukan secara keseluruhan serta jenis pemilihan di setiap TPS juga berbeda.

Terpisah, salah satu caleg DPR RI dari PPP, Darwis Ismail berharap dengan adanya PSU disejumlah TPS di Luwu Raya, dapat kembali memberikan peluang warga untuk lebih jeli dan seksama memilih wakilnya di parlemen. Yang nantinya bisa memperjuangkan aspirasi rakyat, kebutuhan rakyat ke pemerintah.

Darwis yang juga putera asli Suli, Luwu ini juga mengajak warga agar kembali datang berbondong-bondong ke TPS.
Khusus di Kabupaten Luwu, ia mendapat informasi jika di TPS 01 Bajo terjadi pelanggaran. Yakni, pemilih yang sudah meninggal dunia, diwakilkan mencoblos.

“Khusus PSU di Luwu yang Bajo TPS 1, sebaiknya diulang karena ada info ada orang sudah meninggal, dan pergi berlayar, ada yang cobloskan,” sebutnya.

Luwu

Di Kabupaten Luwu, 5 orang anggota komisioner KPU Luwu menyepakati PSU di dua TPS. Yakni TPS 01 Kelurahan Pammanu dan TPS 4 Tallang Bulawang.

Berita acara rapat pleno di atas diperkuat dengan keputusan KPU Luwu Nomor 41/HK.03.1-Kpt/7317/KPU-Kab/IV/2019 tentang penetapan dan pelaksanaan PSU di kecamatan Belopa Utara.

“Dalam surat keputusan KPU Luwu dengan nomor di atas tersebut ditetapkan bahwa khusus untuk TPS 01 Pammanu akan dilakukan PSU yang akan digelar Sabtu 27 April 2019 mendatang mulai pukul 07.00 WITA sampai pukul 13.00 WITA. PSU ini kita lakukan karena adanya rekomendasi Panwascam Belopa Utara dan kita tindaklanjuti dengan rapat pleno anggota KPU Luwu,” ungkap Ketua KPU Luwu Hasan Sufyan via ponselnya, Kamis 25 April 2019, kemarin.

Informasi yang dihimpun Harian Palopo Pos, proses PSU Sabtu mendatang di TPS 01 Pammanu hanya dilakukan untuk pemungutan suara calon presiden dan wakil presiden saja. Sementara untuk pemungutan 4 jenis lainnya yaitu pemilihan anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Propinsi, dan untuk DPRD Kabupaten Luwu tidak dilakukan.

Dengan adanya PSU ini, maka dapat dipastikan proses rekap PPK Kecamatan Belopa Utara yang seharusnya bisa rampung pada tanggal 25 April, dipastikan tertunda menunggu hasil PSU di TPS 01 Pammanu.

Informasi yang dihimpun Palopo Pos, PSU di TPS 01 Pammanu ini direkomendasikan Panwascam menyusul adanya pemilih yang ber-KTP-el Makassar dan terdaftar dalam DPT Makassar, dimana pemilih tersebut melakukan pencoblosan di TPS 01 Pammanu tanpa membawa surat pindah memilih (Formulir A-5), sehingga dianggap oleh pengawas merupakan bentuk pelanggaran pasal 65 ayat (2) huruf d PKPU Nomor 3 / 2019 tentang pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilu, sehingga harus dilakukan PSU.

Selain di TPS 1 Pammanu, Bawaslu juga merekomendasikan PSU di TPS 04 Desa Tallang Bulawang, Kecamatan Bajo. PSU dilakukan terkait dengan rekomendasi pihak Bawaslu Kabupaten Luwu yang menemukan adanya pelanggaran Pemilu.(and/rul/idr)

6 TPS PSU di Kota Palopo

* Pemungutan Pilpres
TPS 7 Boting
TPS 8 Boting
TPS 12 Lagaligo

* Pilpres dan DPD RI
TPS 4 Tomarundung

* Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi
TPS 7 Surutanga
TPS 3 Malatunrung
* Sumber: KPU Palopo

Click to comment

Most Popular

To Top