Politik

‘Sistem Noken’ Terjadi di Luwu

Prev1 of 3
Use your ← → (arrow) keys to browse

* Gakkumdu Dalami dan Putuskan 14 Hari ke Depan

PALOPO — Integritas Bawaslu Luwu dipertaruhkan. Sejumlah pelanggaran saat pelaksanaan Pemilu pilpres dan pileg 2019, lalu, marak terjadi. Ada yang terpantau, dan diyakini masih banyak yang belum terekspose.
Terbaru yang lagi viral, beredar video seorang oknum KPPS di Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu, melakukan pelanggaran, dengan cara menusuk sejumlah kertas suara, lalu, memasukkan ke dalam kotak suara. Tindakan ini mirip sistem noken di Papua.
Kegiatan ilegal itu, dilakukan secara terbuka di depan umum, tanpa ada yang melerai. Bahkan, sejumlah ibu-ibu yang melintas di dalam video tersebut nampak acuh melihat kecurangan tersebut.
Video tersebut di dapatkan Palopo Pos dari sejumlah sumber via medsos, Jumat, kemarin.
Dalam video tersebut, nampak beberapa KPPS yang disebutkan disitu adalah TPS 09 Baramammase, Kecamatan Walenrang, sedang menusuk sejumlah kertas suara, lalu, memasukkan ke dalam kota suara. Di video tersebut juga terlihat suasana TPS masih sepi. Diyakini, video tersebut diambil sesaat sebelum pencoblosan dimulai.
Selain itu, Palopo Pos juga mendapatkan sebuah video, dimana kertas suara dicoblos di dalam rumah. Dari suara video tersebut nampak jelas suara ibu-ibu yang menggunakan ‘Bahasa Tae-tae’ dalam berkomunikasi.

Prev1 of 3
Use your ← → (arrow) keys to browse



Click to comment

Most Popular

To Top