Ekonomi

KasTip BI Drop Dana Tunai Rp115 Miliar

* Transaksi Perbankan Masih Normal

PALOPO— Kas Titipan Bank Indonesia (Kastip BI) mulai melakukan droping uang tunai seiring dengan kebutuhan uang tunai masyarakat. Berada di pekan kedua Ramadan ini, permintaan oleh perbankan sudah mulai terlihat.

Namun situasi transaksi saat ini masih terbilang normal. Jika dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu kebutuhan Kas Titipan yang berada di bank Sulselbar mencapai Rp457 miliar. Sementara Ramadan kali ini, Kastip BI baru sekali melakukan dropping dana sebanyak Rp115 miliar dari kuota Rp200 miliar.

Pengelola Dana Kastip BI, Bank Sulselbar Cabang Utama Palopo, Ruslan saat diwawancara Palopo Pos, Kamis, 16 Mei 2019, kemarin menyebutkan, permintaan perbankan terhadap uang tunai tersbeut sudah terlihat. Namun masih dalam kategori normal.

“BI drop Rp115 miliar kemarin, permintaan masih normal normal saja, namun kita tetap antisipasi kedepan apabila kebutuhan uang tunai tersebut cukup besar,” ungkap Ruslan yang juga Pimpinan Bank Sulselbar Cabang Utama Palopo.

Namun peningkatan transaksi tunai oleh masyarakat saat ini sudah mulai terlihat. Di ATM Bank Sulselbar sendiri sehari mengisi 2 ATM dengan Rp400 jutaan. Jika dibandingkan dengan kondisi sebelumnya pengisian ATM dilakukan 3 hari sekali, itupun hanya satu.

Sementara itu, Musyarif Muhsen, Pemimpin Bidang Layanan BNI Kantor Cabang Palopo saat diwawancara, kemarin, memperkirakan peningkatan transaksi terjadi saat pekan ketiga nanti. Dimana THR mulai dibayarkan. “Kami melihat untuk saat ini masih normal-normal saja, mungkin pekan ketiga setelah penerimaan THR,” ucap Musyarif.

Meski demikian, pihaknya saat ini mulai mempersiapkan layanan mereka termasuk kesiapan anjungan tunai mandiri yang jumlahnya sebanyak 100 unit ini. “Untuk antisipasi padatnya transaksi nantinya, kita akan mengisi penuh untuk 100 ATM ini sebanyak Rp150 miliar, tapi nanti di pekan ketiga, karena perkiraan kita itu transaksi akan padat di waktu-waktu itu,” tandasnya. (ald/ikh)



Click to comment

Most Popular

To Top