Utama

Luwu Raya-Toraja dapat 38 Kursi

* Kuota Haji Tambahan

PALOPO — Kementerian Agama melalui Kantor Kemenag Wilayah Sulsel mengeluarkan daftar jumlah kuota tambahan haji 1440H/2019.
Berdasarkan keputusan surat nomor B-3378/Kw.21.5/1/HJ.00/05/2019 perihal persiapan pelunasan kuota haji tambahan 1440H.

Provinsi Sulsel mendapat tambahan nomorporsi sebanyak 463 jemaah. Dengan rincian 232 untuk jemaah reguler, serta 231 untuk jemaah lansia beserta pendampingnya.

Dikatakan Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel, Dr H. Kaswad Sartono, kuota haji tambahan terbanyak diberikan ke beberapa daerah di Sulsel dengan melihat lama antrean.

Seperti yang diberikan kepada Kabupaten Bone sebanyak 25 jemaah, Bulukumba 18 jemaah, Makassar 18 jemaah, dan Gowa 24 jemaah. Selebihnya dibagi ke kabupaten/kota di Sulsel.

Khusus Luwu Raya dan Toraja, mendapat alokasi kuota haji tambahan total 38 jemaah. Dengan rincian, untuk Kabupaten Luwu sebanyak 12 jemaah, Kota Palopo 7 jemaah, Kabupaten Luwu Utara 10 jemaah, Kabupaten Luwu Timur 6 jemaah, Toraja Utara 1 jemaah, dan Tana Toraja 2 jemaah.

Dari jumlah di atas, dikatakan Fatma selaku panitia penyelenggara haji Kemenag Kota Palopo, tidak semuanya jemaah yang nomor porsinya keluar mau melakukan pelunasan.

Seperti untuk Kota Palopo, dari 7 kuota tambahan, 4 merupakan jatah lansia bersama pendampingnya, sedangkan 3 jatah jemaah sesuai nomor porsi. Tetapi, dari 3 orang tersebut, 1 diantaranya belum melakukan pelunasan. Jika, hingga batas yang ditentukan Kemenag, si jemaah yang bersangkutan belum melakukan pelunasan, maka kuota milik Kota Palopo akan beralih ke daerah lain.

“Kalau tidak diisi kuotanya, ya diambil daerah lain,” ujar Fatma.
Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi kembali menambah kuota jemaah haji asal Indonesia sebesar 10.000 orang. Dengan demikian, kuota jemaah haji asal Indonesia dari 221.000 jemaah, bertambah menjadi 231.000 jemaah.

Secara pembagian nasional, Provinsi Sulsel menjadi daerah yang terbanyak mendapat kuota haji tambahan, yakni mencapai 463 jemaah. (idr)



Click to comment

Most Popular

To Top