Utama

Pilkada Lutra Berpotensi di Atas Tiga Paslon

MASAMBA — Atmosfer pemilihan kepala daerah di Kabupaten Luwu Utara mulai memanas. Sejumlah nama bakal calon mulai beredar di media sosial dan jadi perbincangkan publik.

Jika merunut dari hasil pemilihan umum legislatif 2019, kemarin, sudah dapat diprediksi, berapa pasang calon yang akan bertarung, diprediksi bisa lebih dari tiga paslon. Demikian dikata Koordinator Jaringan Demokrasi Indonesia (Jadi) Kabupaten Luwu Utara, Abdul Aziz kepada Palopo Pos, Kamis 16 Mei, kemarin.

Menurut Aziz, berdasarkan hasil pileg sudah dapat dilihat parpol mana yang bisa mengajukan calon? Dikatakannya, seperti Partai Golkar. Dengan raihan kursi delapan, otomatis bisa mengusung calon tanpa koalisi. Sedangkan parpol lainnya masih harus membangun koalisi.

Dimana hampir di pastikan Golkar akan mengusung petahana, Bupati Indah Putri Indriani. Karena di sana ada suami yang juga Ketua DPD Partai Golkar Luwu Utara, Muhammad Fauzi. Sementara parpol lainnya seperti Nasdem, Gerindra, PAN, Hanura, dan lainnya harus berkoalisi.

Seperti Nasdem, lanjutnya, sisa berkoalisi dengan Gerindra dan Perindo, PAN bisa berkoalisi dengan Hanura, dan partai lainnya Demokrat, PKB, PDIP bisa berkoalisi dengan PPP atau PKS.

Selain jalur parpol, potensi majunya calon jalur independen, juga sudah mulai mensosialisasikan dirinya siap maju di Pilkada 2020. “Jadi potensi parpol saja bisa 4 pasangan calon, ditambah satu independen,” jelasnya kepada Palopo Pos, Kamis, kemarin.

Dari pantauan Palopo Pos nama yang mulai ramai di wacanakan diantaranya, balon bupati dari jalur parpol ada Indah Putri Indriani (petahana yang akan di usung Partai Golkar), Wakil Bupati Lutra, Muh Thahar Rum (Nasdem), Arsyad Kasmar (Ketua DPD Gerindra Lutra), Arifin Junaidi ( mantan Bupati Lutra yang juga politisi PAN), H Mahfud Yunus (Golkar), Karemuddin (PAN), Andi Sukma (Hanura), Andi Rahim (PKS), Nursalam Ketua DPRD Bontang (Golkar).

Sedangkan bakal calon wakil bupati dari parpol disebut-sebut ada nama Rahmat Laguni (Gerindra), Karemuddin (PAN), Andi Sukma (Hanura), Andi Rahim (PKS), Nursalam (Golkar), Basir (Golkar), Harris Kasmad (Golkar), Riswan Bibbi (PKB), dan Ansar Akib (Demokrat).

Figur calon dari birokrasi ada nama Abdul Mahfud (mantan Sekda Lutra), Dr Andi Muhammad Nasrum (Kadis Kesehatan Lutra), Suib Mansyur (Kadis PUPR), dan Muchtar Jaya (Sekwan DPRD). Sedangkan jalur independen ada nama Alamsyah (Ketua Asosiasi Musisi Lutra). (jun/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top