FEMALE

Berikan Pelayanan Maksimal ke Masyarakat

Chandrawali S.Kom
Kasi Pendataan dan Penagihan Samsat Palopo

Samsat Palopo ditahun 2018, lalu, mencatatkan prestasi masuk dalam tiga besar UPT Pendapatan Daerah terbesar se Sulsel. Dengan over target di atas 100 persen. Dibalik kesuksesan kinerja Samsat Palopo, ada sosok perempuan yang tangguh. Adalah Kepala Seksi Pendataan dan Penagihan, Chandrawali S.Kom

Ibu Chandra, sapaan akrab istri dari Andi Muzakkir, Kabag Pemerintahan Pemkot Palopo ini mengungkapkan, kunci keberhasilan dalam bekerja adalah kerja keras, tekun, sabar, dan disiplin.
Dalam bekerja, ia lebih mengutamakan empat hal di atas. Berbeda dengan kaum hawa lainnya, ia justru lebih banyak menghabiskan waktu di lapangan daripada di kantor. Turun ke jalan, dan rumah-rumah melakukan sosialisasi dan penagihan.

Meskipun dalam suasana puasa, ia mengungkapkan tetap aktif ke lapangan melakukan tugas mengingatkan wajib pajak kendaraan agar menaati jatuh tempo pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), atau yang telah melewati batas waktu pembayaran.
Dalam melakukan penagihan serta sosialisasi, Chandra bercerita akan suka dan duka bertemu dengan wajib pajak kendaraan.

“Lebih banyak dukanya daripada suka,” ujarnya saat ditemui di kantor Samsat Palopo, Jumat 17 Mei 2019, kemarin. Duka yang dimaksud, kata Chandra, adalah, saat door to door terkadang masyarakat menolak melakukan pembayaran. “Mungkin malu, ketika didatangi, terjadi penolakan dengan berbagai alasan,” ungkapnya.

Ia sendiri dalam bertugas lebih mengutamakan sosialisasi. Dalam artian mengingatkan wajib pajak akan jatuh tempo PKB.
“Mungkin sibuk jadi tidak sempat membayar pajak kendaraannya. Maka, kami turut membantu dengan melakukan pembayaran ke kantor Samsat. Lalu STNK-nya kita kembalikan ke pemilik,” sebutnya.
Untuk memudahkan masyarakat dalam pembayaran PKB, Samsat Palopo membuka sejumlah gerai.

Seperti di kantor Kecamatan Bara. Selain itu, ada program buka selama 7 hari, mulai Senin-Minggu.
“Jadi tidak ada kata libur untuk berikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” tegasnya.
Dengan pajak yang dibayarkan, ditambahkan Chandra, sesungguhnya akan dikembalikan juga ke masyarakat melalui dana bagi hasil antara Pemprov dengan Pemda. Yang perbandingannya 70 persen masuk ke Pemprov, dan 30 persen ke Pemda. “Dari pemda nantinya terserah anggaran itu akan dibuat apa. Tetapi, lebih banyak biasanya ke perbaikan infrastruktur jalan,” ungkapnya.(idr)

Data Diri :

Nama : Chandrawali S.Kom
TTL : Ujung Pandang, 5 November 1977
Suami : Andi Muzakkir S.Ip M.Si
Anak : Andi Sulesana
Andi Safwan
Andi Syafika

Pendidikan : SDN 4 Watampone
SMPN 2 Watampone
SMAN 2 Watampone
STIMIK Dipanegara Jurusan Manajemen Informatika

Karir : Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel (2006-2012)
Kepala Seksi Pendataan dan Penagihan Samsat Palopo (2012-sekarang)



Click to comment

Most Popular

To Top