Metro

2020, Semua Puskesmas Harus Akreditasi

TOMPOTIKKA — Tahun 2020, seluruh Puskesmas di Indonesia sudah harus akreditasi. Bersyukur di Palopo, seluruh Puskesmas sudah akreditasi madya.

Itu berarti, mutu pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien sudah memenuhi standar, walau belum maksimal.
”Karena status akreditasi Puskesmas ada lima tingkatan yakni tidak akreditasi, akreditasi dasar, akreditasi madya, akreditasi utama, dan yang tertinggi akreditasi paripurna,” jelas Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas Wara, dr HA Thamrin Jufri MKes saat melakukan survei reakreditasi di Puskesmas Wara, Selasa, 21 Mei 2019 kemarin.

Ada tiga tim surveyor dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang ditunjuk melakukan survei reakreditasi Puskesmas Wara yakni dr HA Thamrin Jufri MKes (admen Makassar), Hj Janita SKM MKes (UKM Kendari), dan Dr Enny Farida Osman MARS (UKP Makassar).

Lanjut dr Thamrin, ia berharap status akreditasi Puskesmas Wara bisa meningkat ke status utama atau paripurna. Dan jangan sampai turun status menjadi akreditas dasar. Sebab jika sampai turun status, maka Kemenkes-RI akan memangkas anggaran BOK (Biaya Operasional Puskesmas) yang telah dinikmati selama ini.

”Hanya saja kita belum bisa tahu apakah status akreditasi Puskesmas Wara bisa naik atau paling tidak bertahan. Karena tim surveyor masih akan memotret implementasi standar pelayanan Puskesmas lalu mengirim ke Kemenkes untuk diberi penilaian,” ucap dr Thamrin. (ikh)



Click to comment

Most Popular

To Top