Utama

Jadwal Pencairan THR ASN Luwu Raya Bervariasi

* Luwu, Lutim, dan Lutra 24 Mei, Palopo 27 Mei

PALOPO — Kepastian pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dilakukan sebelum libur lebaran, akhir Mei 2019, mendatang.

Untuk Kota Palopo, dikatakan Pelaksana Tugas Kepala BPKAD Samil Ilyas, Peraturan Wali Kotanya (Perwal) sudah dalam tahap penyelesaian dan akan didorong ke meja Wali Kota HM Judas Amir untuk disahkan, agar pembayaran THR bagi ASN lingkup Pemkot Palopo juga segera dilakukan.

Karena ini butuh proses administrasi yang kompleks, pencairan ditargetkan, kata Samil Ilyas, paling lambat dilakukan pekan depan, sebelum tanggal 27 Mei 2019.

“Paling lambat kita bayarkan THR ASN 27 Mei sebelum libur,” katanya singkat saat dihubungi Palopo Pos, Selasa 21 Mei 2019.

Lanjutnya, selain pembayaran THR, Pemkot Palopo juga di awal Juni 2019, nanti, akan membayarkan gaji ke-13, jelang tahun ajaran baru.
Tahun 2019 ini, Pemkot Palopo menyiapkan anggaran sebesar Rp40 miliar untuk membayar gaji ke 13 dan 14. “Rp20 miliar lebih untuk gaji 13, dan Rp20 miliar untuk THR,” tandas Samil.

Luwu

Terpisah, Pemerintah Kabupaten Luwu berjanji akan membayarkan tunjangan hari raya (THR) tepatnya sebelum libur panjang memperingati hari raya Idul Fitri 1440 H.

Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Luwu, Kasmuddin, SIP, M.Si mengungkapkan, kepastian akan dibayarkan THR PNS Luwu ini setelah Pemkab Luwu menerima radiogram untuk Bupati/Walikota seluruh Indonesia dengan Nomor 188.31/3889/SJ yang ditandatangani tanggal 15 Mei 2019 agar membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) tepat waktu sesuai ketentuan.

“Awalnya sesuai PP Nomor 36/2019 tentang THR dan gaji 13, pembayaran THR harus ada Perdanya. Tetapi PP ini dicabut dan diganti dengan ketentuan baru bahwa THR cukup dengan Pebup saja. Pasca pembatalan itu, sudah disusun Perbupnya karena ada beberapa hal teknis yang harus dilakukan kepala daerah terkait THR dan gaji 13, ” kata Kasmuddin.

Kasmuddin menambahkan, pemberian THR kepada PNS, anggota kepolisian RI, prajurit TNI, pejabat negara dan penerima tunjangan, kepala daerah diminta memperhatikan hal-hal yang urgen, diantaranya menyangkut besaran THR dan gaji 13, dimana besarannya harus sesuai gaji bulanan dimana meliputi unsur gaji pokok/uang reprensentasi, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan/tunjangan umum.

“ Insha Allah pembayaran THR ini akan dilakukan 10 hari sebelum hari H atau 10 hari sebelum libur Idul Fitri 1440 Hijriah atau berkisar tanggal 24 Mei,” kata Kasmuddin. Pemkab Luwu sudah menyiapkan anggarannya sesuai besaran 1 bulan gaji atau secara totalitas untuk ribuan ASN di Luwu berkisar Rp24 miliar

Lutim

Sebanyak 4.830 Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Timur bakal menerima Tunjangan Hari Raya (THR).

Penyaluran dana Tunjangan Hari Raya (THR) tersebut dikabarkan paling cepat, 24 Mei 2019, lusa.
Adapun jumlah anggaran yang disiapkan pemerintah daerah kabupaten Luwu Timur untuk ASN sebesar Rp 17 Milyar yang bersumber dari APBD.

Selain ASN, para pensiunan pegawai negeri sipil (PPNS) juga mendapatkan THR yang bersumber dari APBN.
“Anggaran THR ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 36 Tahun 2019 tentang pemberian THR,”kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Ramadhan Pirade, Selasa (21/05/19).

Sementara Untuk tenaga honorer, kata Ramadhan, tidak diatur dalam PP, sehingga Pemerintah tidak menyiapkan anggaran.
“Tunjangan Hari Raya (THR) akan disalurkan paling cepat 24 Mei 2019,” ucap Ramadhan Pirade.

Sedangkan THR Untuk PPNS, lanjut Ramadan mereka menerima langsung di Kantor KPPN Palopo atau Kantor Pos terdekat.
“Dana mereka tak ditanggung Pemerintah daerah, tetapi langsung dari Pemerintah pusat melalui APBN,” tambahnya.

Selain pembayaran THR, Pemda Luwu Timur juga akan menyiapkan anggaran untuk gaji 13 PNS sebesar Rp14,9 Miliar
“Untuk gaji ke-13 akan dibayarkan pada bulan Juli mendatang mengikuti tahun ajaran baru pendidikan,” imbuhnya.

Lutra

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara menyiapkan anggaran sebesar Rp21 Miliar untuk pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi 5.000 lebih ASN lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara.

Bupati Luwu Utara, Hj Indah Putri Indriani saat dikonfirmasi terkait THR lebaran buat ASN lingkup Pemerintah Luwu Utara menjelaskan, UU Nomor 35 Tahun 2019 sedang di revisi, selanjutnya ia akan membuat peraturan bupatinya (Perbup).

Masih kata Indah, mudah-mudahan pekan depan Perbup pembayaran THR sudah selesai. Artinya rencana pembayaran THR tanggal 24 Mei sudah bisa dibayarkan.

Sementara untuk pembayaran gaji 13 bagi ASN Lutra dibayarkan antara bulan Juni dan Juli 2019 mendatang. (and/krm/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top