FEMALE

Bangga Wakili Daerah ke Tingkat Nasional

Risna Aziz SE, Ger
Peraih Medali Emas OGN 2019

Kecintaannya terhadap dunia pendidikan mengantarkan dirinya meraih medali emas dalam kejuaraan Olimpiade Guru Nasional (OGN) 2019 untuk mata pelajaran IPS tingkat SMP. Adalah Risna Aziz SE,Ger, guru di SMPN 9 Palopo.

Dengan latar belakang sarjana ekonomi Unhas, Risna tak kepikiran untuk menjadi seorang guru. Namun, takdir berkata lain. Atas dorongan keluarga, utamanya suami Bakrie Marrang S.Pd M.Pd, akhirnya ia mengambil akta IV di STAIN Palopo kala itu, dan mengajar di SMPN 9 Palopo hingga saat ini.

Ia menguasai mapel (mata pelajaran) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), membuat kerap kali dirinya diutus mewakili Kota Palopo dalam pelbagai ajang kompetisi pendidikan. Bahkan sampai mewakili Provinsi Sulsel ke tingkat nasional beberapa kali.

Khusus untuk Olimpiade Guru Nasional (OGN), tahun 2019, adalah keikutsertaannya kali kedua. Dimana, sebelumnya di tahun 2018, ia hanya finish sebagai finalis sebagai perwakilan dari Provinsi Sulsel.
Alhamdulillah, tahun 2019 ini, ia keluar sebagai peraih medali emas khusus mapel IPS untuk tingkat SMP.

“Di OGN ini ada lima mapel yang dilombakan, yakni IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Dari Sulsel kami ada tujuh orang. Hanya saya yang dapat medali,” ujarnya saat diwawancara Palopo Pos di halaman SMAN 3 Palopo, Jumat 24 Mei 2019, kemarin, usai mengurus pemberkasan mutasi mengajar ke SMAN 3 Palopo.

Lanjut Ibu dari satu anak ini, berbekal ikut dalam OGN tahun 2018, lalu, ia memiliki pengalaman ikut kembali tahun 2019 ini. Dan berhasil sebagai pemenang pertama, mengalahkan 39 peserta dari seluruh Indonesia.

Ia pun bercerita, kalau awal mulanya ia ikut atas permintaan dari Dinas Pendidikan Kota Palopo, agar mengikuti lomba Olimpiade Guru Nasional 2019 tingkat Provinsi Sulsel. Di tingkat provinsi, ia keluar sebagai juara bersama 6 guru lainnya. “Ada dari Makassar, Sidrap, Bulukumba, Selayar, dan ia sendiri dari Palopo,” sebutnya.

Kemudian, mereka bertujuh diutus ke tingkat nasional mewakili Provinsi Sulsel. Dengan seleksi yang sangat ketat, serta komptisi yang juga ketat di bawah penguji dari kampus ternama di Indonesia, ia akhirnya bisa lolos.

“Seleksinya tiga hari. Ada tes tertulis 100 nomor dengan waktu 3 jam. Lalu ada disuruh membuat bahan ajar lengkap dengan pembelajaran guru, serta tes menyusun bahan presentasi,” jelasnya.

Saat melakukan presentase, yang membuat ia unggul dari peserta lainnya, adalah, ia menerapkan bahan ajar yang merangsang siswa untuk belajar berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skill atau disingkat HOTS). Ia pun memasukkan unsur pembelajaran sistem literasi digital berbasis revolusi industri 4.0.

Atas presentasenya inilah membuat lima dewan juri dari kampus Universitas Pendidikan Jakarta, dari Universitas Muhammadiyah Malang kagum.

Risna sebetulnya sudah tiga kali mewakili Provinsi Sulsel dalam berbagai lomba tingkat nasional. Mulai tahun 2018 yakni OGN 2018, dan finalis Inobel (Inovasi Belajar) di Yogyakarta, dan terakhir OGN 2019 di Jakarta.

Saat di Yogya, ia membuat inovasi belajar diberi nama karya media pembelajaran ‘Pallumara’, yang maksudnya adalah Papan Ludo Main Gembira.

“Yang pasti ia sangat bersyukur bisa ketemu dengan rekan-rekan guru dari perwakilan daerah seluruh Indonesia. Kesmepatan itu pula, ia manfaatkan untuk share ide-ide yang nantinya bisa diadopsi di sekolah masing-masing. Meskipun materi belajar sama, tapi, metodenya berbeda,” pungasnya.

Risna mengaku prestasi ini didedikasikan kepada dunia pendidikan Kota Palopo.

“Kami sangat bersyukur meraih prestasi ini bertepatan dengan momentum Hardiknas. Semoga ini bisa menjadi sumbangsih terhadap kemajuan dunia pendidikan di Sulsel umumnya dan di Kota Palopo khususnya,” jelas guru yang tinggal di Jalan Cendrawasih Perumnas Kota Palopo tersebut.

Tak lupa ia menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak, “Terima kasih kepada kedua orang tua dan seluruh keluarga, juga kepada Pemprov Sulsel, Pemkot Palopo, keluarga besar SMPN 9 Palopo, dan semua pihak yang telah mensupport kami,” tutupnya bersemangat. (idr)

Data Diri

Nama : Risna Aziz SE, Ger
TTL : Palopo, 18 November 1983
Suami : Bakrie Marrang S.Pd M.Pd
Tempat Mengajar : SMPN 9 Palopo
Anak : Fayrah Nur Shobrina
Ayah : H. Abd Aziz
Ibu : Hj. Sakrinah
Pendidikan : SD MI DDI 1 Palopo
MTsN Model Palopo
SMAN 1 Palopo
Fak. Ekonomi Unhas
Pendidikan Akta IV STAIN Palopo
Pendidikan Profesi Guru Univ. Negeri Jakarta

Click to comment

Most Popular

To Top