Utama

Nasdem Torut Bantah Adanya Penggelembungan Suara

RANTEPAO –– Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Toraja Utara Yosia Rinto Kadang yang juga Wabup Toraja Utara menyesalkan terkait gugatan yang dilayangkan caleg pusat dari partai PPP Darwis Ismail kepada Eva Stevani Rataba.

Terkait adanya dugaan penggelembungan suara di TPS 4 Tagari Tallunglipu, Toraja Utara.

Terkait hal tersebut Wakil Bupati Toraja Utara mengatakan, jika ada gugatan kepada istrinya Eva Stevani Rataba (ESR) terkait adanya penambahan suara, karena data yang ia miliki tidak ada tambahan suara yang berkisar 400 hinggah 700 suara.

“Kami mengakui di TPS 4 Tagari Tallunglipu itu hanya ada 25 suara tidak lebih dari itu, dan kami juga telah mencocokkan dari data C1, DA1, dan DB1 semua sudah cocok dengan hasil suara yang kami dapatkan, yakni 25 suara.

Kami juga sudah meminta perbandingan dari Bawaslu dan juga dari KPU Toraja Utara, bahwa ada penginputan salah pada saat pemungutan suara C1 di Situng KPU,” terang Rinto sapaan akrabnya.

Masih kata Wabup Yosia, persoalan terkait gugatan ini ia pikir ini bukan ditujukan ke Eva, tetapi akan berpengaruh secara keseluruhan dari Partai Nasdem itu sendiri. “Kalau dia gugat ibu Eva, ya bisa saja ada indikasi ada orang sendiri di dalam yang memakai orang luar.

Kalau dibilang ada penambahan suara 700, sementara suara yang diperoleh Partai Nasdem keseluruhan sebanyak 260 ribu dibagi tiga jadinya 80 ribu, sedangkan perbandingan dengan suara yang diraih PPP cukup signifikan jauh, data kami lengkap karena kami ingin menang secara terhormat bukan memakai cara-cara yang kotor untuk bermain dengan menghalalkan segala cara itu bukan cara kami,” tegas Yosia.

Lanjutnya, harus diakui penghitungan setiap jenjang yang dimulai dari TPS, jangan berdasarkan Situng. “Kami punya bukti karena data kami lengkap bahkan hitungan lidi-lidi kami poto lengkap semua.

Kami sudah jalankan sesuai aturan yang ada, dari seluruh kabupaten di dapil 3 Sulsel data kami sangat lengkap bahkan data dari PPP kami juga ada, dan kalau mau menuntut bukan sama ibu Eva tetapi seharusnya sama penyelenggara pemilu,” jelasnya.

Untuk hal ini Partai Nasdem tidak tinggal diam karena tetap Partai Nasdem akan memperjuangkan kursinya, sesuai dengan aturan yang ada dan tetap akan di kawal ketat.

“TPS di Toraja Utara tidak ada daftar pemilih tetap (DPT) suara sampai 300 paling hanya 200 lebih apalagi hingga 700 lebih,” tutup YSK. (alb/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top