Metro

DKP Cek Pangan di Pasar dan Swalayan

SALOBULO — Jelang Lebaran, Tim Terpadu Jejaring Keamanan Pangan Daerah Kota Palopo yang dipimpin Dinas Ketahanan Pangan (DKP) melakukan sidak di pasar tradisional dan swalayan yang ada di Kota Palopo.Sidak Tim Terpadu Jejaring Keamanan Pangan Daerah yang merupakan gabungan dari lima instansi ini dilakukan selama dua hari. Mulai 27 Mei 2019 hingga 28 Mei 2019. Dimana hasilnya akan dilapor ke Sekkot Kota Palopo selaku Ketua Umum Tim Terpadu Jejaring Keamanan Pangan.

Plt Kepala DKP Kota Palopo, Hj Hadisah mengatakan, ada beberapa dinas yang dilibatkan dalam tim ini, yakni Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan, Perdagangan, Perikanan, Kesehatan dan Balai POM.
“Masing-masing melaksanakan tugasnya,” kata Hadisah kepada Palopo Pos disela-sela operasinya, Selasa 28 Mei 2019.

Hadisah mengatakan, Dinas Ketahanan Pangan khusus mengambil sampel pangan segar asal tumbuhan, sedangkan Dinas Peternakan mengambil sampel pangan segar asal hewan, sementara Dinas Perikanan mengambil sampel pangan asal ikan.

Lalu, Dinas Perdagangan bertugas melakukan pengawasan kadaluarsa bahan pangan hasil olahan, dan Dinas Kesehatan mengawasi Pangan Siap Saji. BPOM sendiri mengawasi produk olahan.

“Dua hari ini kami mengambil sampel di PNP, Mega Plaza, Pasar Andi Tadda, Hypermart dan Toko Buah,” jelasnya.
Khusus Dinas Ketahanan Pangan, lanjut Hadisah, melakukan pengujian terkait bahan pangan yang mengandung pestisida, formalin, dan bleaching.

“Untuk Dinas Ketahanan Pangan, kami mengambil sampel sayur-sayuran, buah, rempah, dan beras,” sebutnya. Khusus beras dilakulan pengujian bleaching. Setelah dilakukan pengujian oleh masing-masing dinas, hasilnya akan dilaporkan ke Sekkot dan selanjutnya kepada Wali Kota Palopo,” tandasnya.(rhm)



Click to comment

Most Popular

To Top