Utama

Gugatan Caleg Hanura Palopo Kandas

* Diberi Kesempatan Ajukan Keberatan ke Pusat

PALOPO — Bawaslu Sulsel telah memutuskan gugatan yang dilayangkan caleg Hanura Palopo atas nama Pratiwi Lanteng. Dalam sidang putusan yang digelar di kantor Bawaslu Sulsel di Kota Makassar memutuskan gugatan caleg Hanura tersebut kandas terhadap beberapa masalah yang digugat sebelumnya.

Ketua Bawaslu Palopo, Asbudi Dwi Saputra mengatakan, jika dalam hasil sidang itu mejelis memutuskan tidak menemukan adanya tindakan pelanggaran administrasi dan Bawaslu dinyatakan tidak terbukti secara sah dan meyakinkan pelanggaran administrasi pemilu.

“Jadi berdasarkan pertimbangan majelis pemeriksaan bahwa tindakan yang kami lakukan sebelumnya sudah sesuai dengan regulasi yang ada. Jadi Bawaslu sudah prosedural dalam menjalankan tugasnya,” katanya, siang kemarin.

Sementara, kuasa hukum, Pratiwi Lanteng, Jhody mengatakan bahwa proses laporan yang dilakukan oleh caleg nomor urut 2 dapil dua Kota Palopo atas nama Pratiwi Lanteng Bustami dinyatakan relefan dengan bukti-bukti dan saksi yang di hadirkan.

Namun dalam proses administrasi, Bawaslu Kota Palopo dan PPK Kecamatan Bara Palopo telah melakukan proses administrasi secara benar dan memenuhi syarat untuk di terima walaupun dalam proses pemeriksaan saksi dan bukti yang dihadirkan pihak pelapor terjadi kekeliruan masalah pengimputan data-data dan angka, tapi itu dianggap tidak berlaku secara relefan dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Dan pada akhir putusan majelis pemeriksa Bawaslu Provinsi sulsel memberikan kesempatan kepada pihak pelapor dan kuasa hukumnya melakukan keberatan ke Bawaslu pusat untuk menyatakan keberatan terhitung sejak tanggal 28 mei 2019,” jelasnya. (rul/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top