Ekonomi

Harga Ayam Diprediksi Rp50 Ribu, Daging Rp150 Ribu

PALOPO-– Daging sapi dan ayam merupakan salah satu bahan pangan yang sangat dibutuhkan pada hari lebaran. Informasi pedagang di Pusat Niaga Palopo (PNP), stok untuk dua komoditas pangan tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Saat ini harga daging sapi masih normal pada angka Rp120 ribu per kg. Sedang harga ayam sudah naik dari Rp50 ribuan menjadi Rp60 ribu hingga Rp70 ribu per ekor. Diperkirakan harga ayam akan naik pada H-2 dan H-1 lebaran menjadi Rp150 ribu per kg. Demikian pula harga daging naik menjadi Rp150 ribu per kg.

Hal tersebut diungkapkan Nasrah, salah seorang penjual ayam di PNP dan Pak Anto, penjual daging PNP yang ditemui Palopo Pos secara terpisah, Selasa, 28 Mei 2019 kemarin.

”Kalau harga ayam sekarang sudah Rp60 ribu per ekor. Bahkan sudah ada yang menjual Rp70 ribu per ekor. Mendekati lebaran, harga akan naik Rp80 ribu per ekor,” ucap Nasrah.

Naiknya harga ayam karena harga di tingkat pedagang juga naik dari harga sebelumnya. Sebenarnya, penjual ayam berat menaikkan harga, tapi terpaksa dari rugi. ”Itu pun kita hanya untung Rp5 ribu per ekor,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Pak Anto, penjual daging PNP. Menurutnya, harga daging saat ini masih normal pada angka Rp120 ribu per kg. Sementara harga di pemotongan hewan antara Rp100 ribu hingga Rp110 ribu. Praktis penjual di PNP hanya untung Rp10 ribu hingga Rp20 ribu kg. ”Mendekati lebaran, harga daging kemungkinan naik hingga Rp150 per kg,” ucapnya.

Salam, pedagang sapi yang ditemui Palopo Pos, mengungkapkan, salah satu faktor yang menyebabkan harga daging akan naik karena harga sapi yang cukup tinggi. Makanya, kemampuan beli sapi menurun sehingga sapi yang disuplay ke pemotongan juga agak berkurang dibanding tahun lalu.

Sementara Kadis Perdagangan Palopo, Zulkifli Halid ST MSi yang dikonfirmasi mengatakan, naiknya harga bahan pokok, termasuk daging menjelang lebaran, sudah jadi bagian dari mekanisme pasar. Namun pemerintah tidak tinggal diam melihat hal tersebut.

Untuk menjaga kestabilan harga dan stok, Pemkot Palopo telah melakukan operasi pasar dengan menjual daging beku dengan harga Rp80 ribu per kg. Disamping operasi pasar, Dinas Perdagangan Palopo melalui UPT Rumah Pangan, menjual daging beku dengan harga Rp80 ribu per kg pada lima Rumah Pangan di kota ini. (ikh)



Click to comment

Most Popular

To Top