Metro

Hati-hati, Ditemukan Ikan Asin Berulat

*Juga Udang Berformalin

AMASSANGAN — Petugas Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Palopo menemukan banyak ikan asin berulat yang masih dijual para pedagang. Juga udang yang positif mengandung formalin.

Hal ini berdasarkan penemuan yang dilakukan petugas DKP saat melakukan razia di Pusat Niaga Palopo (PNP), Senin 27 Mei 2019.
Selain ikan asin berulat, petugas juga menemukan udang yang positif mengandung formalin yang dijual pedagang.

Demikian diungkapkan Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Palopo, Nurlely Kaso Nur kepada Palopo Pos, Selasa 28 Mei 2019. Nurlely mengungkapkan ikan asin yang mengandung belatung tersebut disita dan langsung dimusnahkan.

”Saat melakukan operasi di tempat pedagang ikan asin, kami menemukan banyak ikan asin yang ada belatungnya atau berulat. Dan pedagang tersebut mengecoh pembeli dengan mencampurnya dengan ikan asin yang baru. Namun, kami langsung menemukan dan menyita serta memusnahkannya,” jelas Lely sapaan akrabnya kemarin.

Untuk udang yang mengandung formalin, sebutnya, petugas telah melakukan uji formalin pada sampel yang diambil dan hasilnya positif mengandung formalin 0,25 hingga 0,4.

”Hasilnya positif. Dari sekian banyak ikan dan udang segar yang kami periksa, yang mengandung formalin hanya ada di satu pedagang saja. Udangnya pun kami sita dan musnahkan. Karena sangat berbahaya,” tegasnya.

Untuk itu, lanjutnya, ia mengimbau kepada pedagang untuk tidak menjual lagi ikan asin yang sudah mengandung belatung atau yang sudah tidak layak konsumsi apalagi kalau mencampurnya dengan ikan yang baru.(rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top