Utama

Lutra-Lutim yang Ketujuh, Torut Keempat

* Raih Predikat WTP dari BPK RI

MAKASSAR — Luar biasa, seluruh kabupaten/kota di Luwu Raya plus Toraja Utara berhasil mendapatkan penghargaan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulsel.

Kabupaten Luwu Utara mendapat predikat WTP, ini adalah yang ketujuh. Sebelumnya, penghargaan serupa diraih pada tahun 2010, 2013, 2014, 2015, 2016, dan 2017, dan yang terbaru 2018.

Penghargaan opini WTP diterima Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani (IDP) didampingi anggota DPRD Luwu Utara Andi Sukma.
Usai menerima WTP, Bupati Indah Putri Indriani langsung memberikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemda Lutra. Teristimewa kepada masyarakat Luwu Utara.

“Alhamdulillah, Luwu Utara tetap WTP. Terima kasih doa ta semua. Opini ini saya persembahkan sepenuhnya untuk warga Kabupaten Luwu Utara yang tercinta,” ujar Bupati pertama di Sulsel ini, Selasa 28 Mei 2019, kemarin.

Lanjut Indah mengatakan, raihan WTP ketujuh ini berkat kerjasama, sinergi, dan kolaborasi antar perangkat daerah di jajaran pemerintah daerah. “Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih atas apa yang kita dapatkan hari ini,” pungkasnya.

Senada itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Ir Baharuddin Nurdin MSi, yang turut mendampingi Bupati Luwu utara, menambahkan, bahwa apa yang dicapai ini berkat kerjasama semua SKPD lingkup Pemda Lutra. Terutama bimbingan dari Bupati Luwu Utara bersama Wakil Bupati Luwu Utara, dalam menciptakan pengelolaan keuangan yang akuntabel serta transparan menuju Lutra yang lebih baik.

Yang Ketujuh untuk Lutim

Selain Lutra, Kabupaten Luwu Timur juga menorehkan prestasi dengan meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penghargaan ini juga yang ketujuh kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulsel atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Luwu Timur 2018.
Opini WTP ini diserahkan Ketua Perwakilan BPK RI Sulsel, Wahyu Priyono kepada Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler didampingi Ketua DPRD Luwu Timur, Amran Syam, di BPK RI Perwakilan Sulsel, Jl. AP. Pettarani, Makassar.

Usai menerima LHP tersebut, Bupati Husler mengungkapkan bahwa bahwa capaian predikat Opini WTP ini sudah menjadi komitmennya untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas Pemerintah Daerah dalam hal pengelolaan keuangan, serta menjadi pendorong dalam menjalankan pemerintahan yang sesuai peraturan perundang-undangan tentang keuangan daerah.

“Menjalankan roda pemerintahan dengan mengikuti seluruh aturan tentang Keuangan Daerah adalah komitmen kami, dan harus kami pertahankan bahkan akan kami tingkatkan,” tegas Bupati.

Husler menambahkan tidak mudah meraih predikat Opini WTP karena diperlukan komitmen dan konsistensi menyajikan laporan keuangan yang akuntable sesuai dengan regulasi yang ada.

“Tentu ini hasil dari kerja keras kita semua, dan ini bentuk pengakuan dari BPK yang telah memeriksa secara profesional,” Kata Husler.
Husler menambahkan, untuk mendapatkan Opini WTP ini, Pemkab Luwu Timur telah dinilai untuk memenuhi kriteria yang ditetapkan BPK sesuai dengan peraturan peundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Selatan, Wahyu Priyono, mengungkapkan bahwa predikat Opini WTP diberikan berdasarkan laporan atas SPI dan kepatuhan, dimana untuk memperoleh keyakinan yang memadai atas kewajaran laporan keuangan tersebut, BPK juga melakukan pemeriksaan terhadap sistem pengendalian internal dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, laporan hasil pemeriksaan atas sistem pengendalian internal, dan laporan hasil pemeriksaan atas kepatuhan ketentuan terhadap peraturan perundang-undangan.

Opini WTP Kabupaten Luwu Timur kali ini, melengkapi enam kali perolehan WTP tahun-tahun sebelumnya atas LKPD tahun 2011, LKPD Tahun 2012, LKPD tahun 2014, LKPD Tahun 2015, LKPD Tahun 2016, LKPD Tahun 2017, dan sekarang LKPD Tahun 2018.

Turut hadir dalam untuk menerima penghargaan ini, Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, Sekretaris Daerah, Bahri Suli dan sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Daerah Luwu Timur.

Torut 4 Kali Berturut-turut

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara juga menerima penghargaan WTP. Penghargaan ini merupakan tahun ke-4 dari BPK RI.

Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan menerima langsung dari Kepala Perwakilan BPK RI Sulsel.

Bupati Kalatiku dalam sambutannya menegaskan bahwa penerimaan WTP ke-4 kali berturut-turut bagi Kabupaten Toraja Utara, dan bagi daerah-daerah peraih WTP lainnya merupakan bukti dari upaya pengelolaan pemerintahan dan pembangunan khususnya pada pengelolaan keuangan dan aset.

Bupati Kalatiku juga memberikan apresiasi bagi BPK RI dalam hal ini auditor yang melakukan pemerikasaan, karena tidak saja memeriksa dalam upaya mencari kesalahan namun juga lebih kepada upaya pembinaan dan pembelajaran.

Sehingga, kata Kalatiku beliau memandang pemeriksaan itu sebagai sebuah kebutuhan untuk melihat sehat atau tidaknya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

“Setiap kali ada pemerikasaan, saya melihat sebagai sesuatu yang perlu di sambut baik karena dari hasil pemeriksaan kita akan melihat sebuah barometer evaluasi untuk peningkatan akuntabilitas serta transparansi keuangan pemerintahan pada tahap-tahap selanjutnya,” terang Bupati Torut ini.

Di akhir sambutan, Bupati Kalatiku juga memberi apresiasi kepada seluruh jajaran aparat pemerintah daerahnya yang bekerja keras dan profesionak dalam upaya pencapaian opini terbaik ini.

Penyerahan Opini WTP dari BPK RI ini diserahkan langsung Kepala Perwakilan Wahyu Priyono (LKPD) tahun anggara 2018, kepada Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Toraja Utara Stefanus Mangngattaa.

Bupati Toraja Utara pada kesempatan didampingi Asisten 3 Firdaus Rinbata, Kepala Bapenda Magdalena Layukallo, Kepala BPKAD Matius Sampelalong, dan Kadis Kominfo Fitra. (alb/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top