Toraja

Safari Ramadan Pemprov Ditutup Bupati Tator

MAKALE — Buka Puasa bersama yang dirangkaikan dengan penutupan Safari Ramadan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja digelar di Rumah Jabatan Wakil Bupati Tana Toraja, Senin sore 27 Mei 2019, lalu.

Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara, dalam sambutannya mengatakan, dalam memaknai Safari Ramadan ini sekaligus memupuk dan memperkuat tali silaturahim, baik antar sesama umat muslim maupun sesama antar pemeluk agama maupun sebagai anak bangsa yang ada di Tana Toraja.

“Merenungkan Kadar puasa kita jangan sampai merupakan rutinitas tahunan tapi bermanfaat bagi nilai ibadah kita baik diri kita maupun antar sesama golongan, sehingga betul betul safari Ramadan ini, punya nilai baik untuk nilai ibadah maupun untuk sesama,” ujar Victor.

Victor berharap dukungan seluruh elemen masyarakat Tana Toraja dalam melaksanakan sisa masa jabatannya bersama Bupati Tana Toraja dalam menyelesaikan sisa masa jabatan dengan tidak terus-terusan menebar bukan dengan fitnah dan kebencian.

“Kami sadari masih banyak kekurangan yang tentunya belum bisa kami wujud nyatakan, tapi kami percaya jika ada dukungan dari kita semua untuk memperbaiki yang salah,memperbaiki yang keliru, menambah yang sudah bagus insyaa Allah tentunya harapan untuk Toraja Maelo akan kita wujudkan, bukan dengan fitnah,” harap Victor.

Sementara itu Perwakilan dari Pemerintah Provinsi Sulsel, Gazali SP selaku Kepala KPH Saddang 2 yang membacakan sambutan Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Abdul Ahmad Gani menyatakan kegiatan safari Ramadan yang di laksanakan oleh Pemprov Sulsel dan Pemda Tator memiliki beberapa tujuan yakni silaturahim antar pemerintah dengan masyarakat, dan mengalih Aspirasi masyarakat terkait proses pembangunan yang berlangsung di wilayah Sulsel.

Lebih lanjut dikatakan, Pemerintah Sulsel tetap konsistem terkait pengembangan pariwisata Kabupaten Tana Toraja standar bekerja mereka profesionalitas tanpa individu dengan berpegang pada empat prinsip kerja. Yakni, efisien dalam menganggarkan, efektif tepat sasaran, modus program ungggulan, tuntas program kerja yang di canangkan dalam lima tahun ke depan.

Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae juga dalam sambutannya mengatakan bawah dalam bulan puasa ini yang harus didorong adalah menegakkan keadilan, mendorong keyakianan agama kita, terutama bagi pemeluk agama, meningkatkan solidaritas dan perbanyak pahala.

“Selain daripada itu Saya menyampaikan kepada kita semua bahwa yang saya mau tutup adalah jadwal Safari Ramadhan sementara kita tetap menghadirkan diri kita dalam bingkai puasa, menghayati dengan sungguh-sungguh hadirnya bulan Suci Ramadhan, tidak hanya sekarang, itu hanya jadwal, tetapi prilaku kita, hati kita, keyakinan kita tetap harus kita bingkai dalam suasana hari ini, dan suasana selanjutnya,” jelas Nico.

Lebih lanjut di katakan, oleh karena itu perkenankan saya atas nama pemerintah daerah, rakyat Tana Toraja menutup jadwal Safari Ramadan yang dilaksanakan masyarakat oleh Tana Toraja, Pemerintah Pemprov Sul-Sel dan Pemkab Tana Toraja.

“Semoga Rahmat ilahi tetap tumbuh dan berkembang di hatimu dan di hatimu juga, kurre sumanga,” tutup Nico.

Penutupan Safari Ramadan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja ini dihadiri oleh beberapa perwakilan Pemprov Sulsel, Kepala Bandara Pongtiku, Pimpinan PD, Ketua Tim Penggerak PKK dan Wakil Tim Penggerak PKK, para tokoh agama, dan undangan lainnya.(mg2/idr)



Click to comment

Most Popular

To Top