Metro

Hari Lebaran, Pengunjung Lapas Membludak

RAMPOANG — Di hari Lebaran, Rabu 5 Juni 2019, diperkiraan sekitar 2.000 orang lebih warga datang mengunjungi kerabatnya yang mendekam di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A yang berada di Kelurahan Rampoang, Kecamatan Telluwanua.

Tingginya kuantitas pengunjung terlihat sejak hari pertama Lebaran dan hingga dua hari setelah Lebaran. Meski jumlah pengunjung membludak, namun pelayanan di Lapas Klas IIA Palopo tetap maksimal.

Untuk memudahkan pelayanan dan pengamaman, petugas Lapas Klas IIA Palopo menggunakan aplikasi pelayanan Lapas berbasis IT, termasuk penggunaan alat X-Ray untuk memudahkan pemeriksaan barang yang dibawa oleh pengunjung. Proses pelayanan dan pemeriksaan pengunjung pun difokuskan di luar kantor Lapas.

Khusus hari lebaran, pengunjung yang datang mendapatkan kebijakan penambahan waktu durasi kunjungan hingga 20 menit. Pengunjung yang datang di Lapas ini tidak hanya dari Kota Palopo, namun juga berasal dari luar daerah, khususnya dari Luwu Raya.

Kepala Lapas Klas IIA Palopo, Indra Sofyan mengatakan, untuk kepentingan pelayanan bagi keluarga para warga binaan, petugas Lapas tidak ada yang cuti. Mereka fokus melayani dan pengamanan saat libur Lebaran.

Kalapas juga mengatakan, di hari Lebaran, ada 11 orang narapidana dinyatakan bebas.

Untuk remisi khusus, Lapas klas IIA Palopo mengusulkan 448 orang, namun yang baru turun SK-nya sebanyak 440 orang.
11 orang narapidana yang bebas tersebut, 3 orang mendapatkan bebas karena remisi, satu orang bebas murni, 6 orang mendapatkan cuti menjelang bebas (CB) dan satu orang mendapatkan pembebasan bersyarat (PB). Dengan bebasnya 11 orang narapidana, maka jumlah penghuni lapas Palopo menjadi 809 orang.(rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top