Luwu Utara

Muba Siap Tantang Petahana

* Tawarkan Konsep Pembangunan Lebih Maju, Moderen, dan Lebih Sejahtera

MASAMBA — Satu lagi calon bupati/wakil bupati yang siap bertarung dalam pilkada Lutra 2020. Dia adalah Muchlis Balantja. Yang akrab disapa Kak Muba. Beliau dikenal sebagai aktivis sosial politik yang cukup dikenal baik regional maupun internasional. Muba siap menantang petahana di pilkada 2020.

Sebagai putra asli Masamba, ia sudah prihatin melihat Kota Masamba tanpa kemajuan berarti yang dapat disaksikan kemajuannya seperti Kota-kota lainnya di Indonesia.

Menurutnya, Masamba masih kelihatan sederhana dalam sistem tata kelola perkotaannya. Tidak punya desain hebat yang bisa menjadi model bagi kota-kota lain di sekitarnya. Katanya, masih sangat terbelakang.

Begitu juga tingkat kesejahteraan seluruh rakyat Lutra juga kelihatan hanya merangkak di tempat. Sehingga, sebagai putra Masamba dia menyadari saatnya kepemimpinan Luwu Utara perlu penyegaran dan dipimpin oleh putra putri Lutra yg lebih cerdas dan lebih memerhatikan pembangunan daerahnya serta lebih jelas konsepnya dalam membangun Luwu Utara yang lebih maju…lebih sejahtera. Kenyataan itulah memanggil gairah politik Muba untuk maju bertarung dalam pilkada 2020.

Ada yang menarik dari statement Muba yang menyatakan bahwa mungkin sudah saatnya kepemimpinan Luwu Utara diberikan kepada putra asli Masamba yang memiliki kemampuan cukup bahkan lebih dalam memimpin Luwu Utara ke depan.
“Wah ini primordial bang”.

Ia lalu menjawab, “oh no, ini bukan sifat primordial (kedaerahan) yang sempit dinda”. Ini disebut kebajikan sosial yang sungguh bijaksana dalam tatanan sosial yang pada saat keadaan politik dan sosial sudah lari miring, maka bijak kiranya mengembalikan hak ulayat politik itu kepada tuan rumah dimana ibukota dan pusat pemerintahan berpijak agar kontrol sosial, pemerintahan, dan pembangunan lebih mapan dan akselerasinya lebih cepat. ”Rakyat butuh patron dari kepemimpinan yang bijak tetapi sarat dengan konsep membangun daerah yang memberi dampak hebat dimasyarakat,” ujar Muba dengan cerdas.

Rupanya, kemunculan Muba selaku kandidat direspon dengan antusias seorang aktivis Palopo dari Luwu Utara yang biasa dipanggil Andi Cupi. “Kak Muba sangat pantas maju di Lutra karena memang beliau salah seorang yang sangat cerdas serta berpengalaman luar negeri, konsepnya tidak biasa, cemerlang.

Otaknya diperlukan untuk membangun Lutra kalau mau Lutra maju dan modern, kita tahu beliau orang hebat dan jiwa kepemimpinannya kuat serta memiliki pergaulan yang luas karena memang orangnya sangat ramah,” kata Andi Cupi yang merupakan salah satu orang di belakang layar yang mengantar Tamsil Linrung lolos sebagai senator di Indonesia. Dia juga didaulat jadi koordinator tim pemenangan Kak Muba.

Siapa Muba? Ia bernama lengkap Muchlis Balantja (Muba). Ia lahir di Masamba, 14 April 1964. Ia anak dari pasangan Balantja dan Sabila yang beralamat di Masamba-Kurri-kurri.

Ia alumni SDN 4 Masamba, tamat tahun 1977, SMPN 1 Masamba (1980), SMAN Masamba (1983), Fakultas Sastra Inggris UNHAS (1986). Adapun karier/pengalaman kerja. Pernah jadi guru Bahasa Inggris SMAN Wotu (1986-1989), penerjemah bahasa Inggris
(1989-1991), Tour Operator Wisata (1991-1993), Direktur Utama PT Integrated Tourism Resort Development (PT. ITRD) (1994-1999).

Kemudian eksportir Hasil Bumi untuk Pasar negara-negara Eropa (1997-2000). Dan, aktivis kebudayaan Indonesia di Belanda, Belgia, Perancis, German, Spanyol, dan Italia (1998-2001), aktivis Lingkungan Hidup (2000-2005), Direktur LSM Pengembangan Ekonomi Kerakyatan (2005-2010), Manager Hubungan Internasional dan Pengembangan Bahasa Inggris di Insan Cendekia Madani Boarding School Jakarta.(ary)



Click to comment

Most Popular

To Top