Luwu Utara

Sungai Rongkong Meluap, Dua Desa Terendam

MASAMBA — Akibat hujan yang mengguyur Kabupaten Luwu Utara sepekan ini, dua desa terendam banjir.

Hal ini diakibatkan meluapnya Sungai Rongkong sehingga tanggul Jebol dan membuat Desa Pombakka dan Desa Limbong Wara terendam banjir.

Kepala BPBD Luwu Utara, Alauddin Sukri saat dikonfirmasi Palopo Pos, Minggu 9 Juni 2019 mengatakan, akibat intensitas hujan cukup tinggi dalam sepekan ini, membuat Sungai Rongkong meluap dan mengakibatkan sejumlah tanggul jebol, sehingga merambah ke pemukiman dan perkebunan, serta fasilitas umum.

Menurut Alauddin, jika hujan terus menerus mengguyur, maka banjir tidak bisa dihindarkan. Apalagi tanggul jebol. Meskipun saat ini BPBD dan masyarakat mencoba melakukan pemasangan patok dan karung berisi pasir, membendung tanggul yang jebol tersebut.

”Insya Allah besok, TRC BPBD akan bergabung bersama masyarakat Pombakka untuk bergotong royong membangun kembali tanggul yang telah bobol,” tutur Alauddin.
Masih kata Alauddin, Bupati Luwu Utara sudah berkoordinasi dengan Gubernur Sulsel beberapa waktu yang lalu, terkait rencana pinjam pake eskavator ampibi.

”Insya Allah kemungkinan besok alat eskavator sudah bisa beroperasi di Pombakka,” jelasnya.
Hingga saat ini belum ada korban jiwa yang ditimbulkan, hanya ratusan hektar sawah dan perkebunan yang terendam banjir. (jun/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top