Kriminal

3 Penghuni Kos Positif Narkoba, Satu Bebas

PALOPO –– Penyidik Sat Narkoba Polres Palopo menyatakan dari empat yang berhasil ditangkap, hanya tiga orang penguni kos dinyatakan positif memakai narkoba. Hal itu sesuai dengan hasil uji Labfor Polda Sulsel yang telah diterima penyidik. Sedangkan seorang sebagai saksi sehingga bebas dari jerat hukum.

Kasat Narkoba Polres Palopo, AKP Zainuddin SE mengatakan penyidik telah menerima sampel urine tersangka pasca penangkapan untuk menguatkan tuduhan menggunakan barang terlarang tersebut.

Hasilnya, tiga orang positif dan seorang negatif. “Sampel urinenya sebagai bukti tambahan untuk memastikan bahwa mereka menggunakan narkotika jenis sabu-sabu,” kata Zainuddin.

Selanjutnya, penyidik juga telah mengirim Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) tiga tersangka ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Palopo. “SPDP tersangka baru diserahkan Senin 10 Senin 2019. Selanjutnya berkas tersangka akan dirampungkan,” ungkap Kasat Narkoba.

Ketiga tersangka yang teridentifikasi narkoba dijerat pasal 132 ayat 91) Jo pasal 114 ayat (1) Subs pasal 112 ayat (2) UU Nomnor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Mereka yang terjaring adalah Randi Bin Aco (30), warga Jl Ahmad Razak, Ita (27) warga Jl KH Achmad Kasim, dan perempuan Maya (23), warga Jl Lagaligo, Kota Palopo. Sedangkan
Marianto Alias Yanto (27) warga Jl Lagaligo Ujung, yang ikut digelandang saat itu hanya dijadikan saksi.

Kasus narkoba ini terungkap berkat kerjasama dengan Bhabinkamtibmas dan unit Sat Narkoba Polres Palopo. Para tersangka dibekuk di salah satu rumah kos-kosan Jl Andi Mappayompa, Kelurahan Salekkoe, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, pada Kamis 30 Mei 2019 lalu dinihari.

Penangkapan bermula dari informasi warga , bahwa tempat kos-kosan tersebut sering dijadikan lokasi narkoba yang meresahkan masyarakat. Kemudian tim yang dipimpin langsung Kaur Bin Ops Sat Narkoba Polres Palopo, Ipda Abdiantor bersama
Bhabinkamtibmas Kelurahan Salekkoe, Aiptu Muh Liso melakukan penyelidikan. Setelah dipastikan ada indikasi penyalagunaan sabu, petugas lalu bergerak cepat dengan menggerebek kamar kos tersebut dan benar ditemukan sejumlah barang bukti narkotika.

Adapun barang buktinya berupa satu kaca pirex, sebuah alat bong, satu sachet sisa sabu yang habis dibakar, satu sendok sabu warna putih, satu buah korek api gas
, sebuah pipet, dan satu unit handphone warna putih. Dari pengakuan salah satu terduga serbuk bening itu diperoleh dari sesorang uyang masih dicari polisi. (him)



Click to comment

Most Popular

To Top