Luwu

Kembangkan Ekonomi Kreatif di IKM Barambing

BELOPA-–Setelah diresmikan oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah pada pertengahan bulan Februari 2019 lalu, Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Barambing yang terletak di Kecamatan Suli, diharapkan menjadi ikon ekonomi masyarakat Kabupaten Luwu. Bupati Luwu, H Basmin Mattayang yang didampingi Kadis Koperasi, UKM dan Perindustrian, Rudi R Dappi dan Tenaga Ahli Bupati Sektor Percepatan Pembangunan, Amsal Sampetondok melakukan peninjauan di Sentra IKM Barambing, Senin, 10 Juni 2019.

“Masih banyak yang perlu kita benahi termasuk bagaimana pengelolaannya agar bisa berjalan maksimal sesuai visi misi kami yaitu meningkatkan dan mengembangkan ekonomi kreatif khusus di IKM Barambing,” kata Basmin Mattayang.

Menurutnya, Sentra IKM yang terdiri dari fasilitas 15 rumah produksi lengkap dengan peralatannya, satu gudang, satu galeri dan mushalla serta rumah kemasan sudah sangat menunjang untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sektor Industri Kecil Menengah (IKM). Namun jika tidak dibarengi dengan pengelolaan yang baik maka akan tetap berjalan ditempat tanpa ada perkembangan.

“Jika sudah dikelola dengan baik, Sentra IKM berjalan sesuai rencana maka tidak menutup kemungkinan akan terbuka peluang lapangan kerja bagi masyarakat,” tambah Basmin.

Kadis Koperasi, UKM dan Perindustrian, Rudi R Dappi melalui Kabid Perindustrian, Kadirman yang dikonfirmasi mengungkapkan bahwa sangat mendukung penuh harapan Bupati untuk mengembangkan Sentra IKM Barambing ini. Apalagi dalam bidang ekonomi kreatif.

“Kami tentu akan berupaya semaksimal mungkin kedepannya untuk bisa mengembangkan IKM Barambing,” ujar Kadirman.

Lanjutnya, memang untuk saat ini pengoperasian Sentra IKM Barambing belum berjalan secara maksimal. Mengingat masih ada beberapa fasilitas yang belum tuntas pengerjaannya tahun lalu. Dimana tahun ini yang akan dibangun yakni taman, pagar dan landscape. Untuk anggarannya sudah ada dari Kementerian Perindustrian sekitar Rp1,5 miliar.

Menurutnya, dengan adanya sentra IKM yang dibangun ini kedepannya industri kecil menengah di Kabupaten Luwu ini bisa berkembang. Sehingga bisa membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

“Saya melihat IKM di Luwu cukup banyak dan jika bisa dikelola dengan baik tentu akan berkembang dan akan menghasilkan pendapatan yang bisa mendongkrak perekonomian masyarakat,” tandasnya.(udy)

Click to comment

Most Popular

To Top