Utama

Keterlambatan Ijazah Siswa Teratasi

* Setelah Gubernur NA Lantik 40 Kepsek SMA/SMK

PALOPO — Polemik belum keluarnya ijazah lulusan SMA/SMK di Sulsel, pasca ujian nasional, lalu, berakhir sudah. Disaat yang sama, pendaftaran mahasiswa baru pada perguruan tinggi juga telah dibuka.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bergerak cepat dengan melantik sejumlah kepala sekolah. Kadis Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo menjelaskan ada 72 SMA/SMK yang sempat bermasalah.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Kadis Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo, mewakili Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah yang saat ini sedang melakukan perjalanan dinas luar.

Pelantikan Kepsek ini sesuai dengan SK Gubernur no 821.29-140 tahun 2019, tentang pengangkatan dan pemberhentian dalam jabatan unit pelaksana teknis sekolah.

Ia pun berharap, setelah pelantikan seluruh Kepsek bisa melanjutkan tugasnya sesuai dengan tupoksinya masing-masing.
“Tak ada lagi kepsek yang tidak melaksanakan tugas setelah dilantik. Tentu kalau mereka tidak jalankan tugas terpaksa kita sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan ribuan pelajar yang telah mengikuti Ujian Nasional di 72 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat di Sulawesi Selatan terancam telat menerima ijazah.
Hal tersebut lantaran adanya SK ‘dadakan’ yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel terteken Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah.

Dalam SK itu, rupanya berdampak pada adanya sekolah yang memiliki dua kepala sekolah, tanpa kepsek (kosong), dan ada juga non job.
Ditambahkan Plt Kacab Dinas Pendidikan Sulsel Wilayah XI (Luwu Raya–Toraja), Yohani, kalau sejumlah kepala sekolah SMA/SMK telah dilantik kemarin di Makassar.

Dengan ini, persoalan ijazah akan segera dikeluarkan, agar adik siswa dapat segera mendaftar ke jenjang perguruan tinggi.
Ia menyebutkan, dengan adanya kepsek yang baru akan segera diinput ke dalam aplikasi disdik, mengganti nama kepsek yang lama.
“Yang dilantik ini ada yang baru, ada juga yang tetap. Hanya di definitifkan saja,” ujarnya saat dihubungi, Selasa, kemarin.(idr)

Click to comment

Most Popular

To Top