Luwu

Lagi, Ponrang Diterjang Banjir

PONRANG—Hujan deras yang mengguyur sejak pukul 04.00 WITA Selasa subuh pukul 04.30 WITA hingga pukul 10.00 WITA di Kabupaten Luwu menyembabkan wilayah kecamatan Ponrang khususnya Kelurahan Padang Sappa dan Kelurahan Padang Subur dan Desa Tirowali, dan Desa Buntu Kamiri dilanda banjir besar.

Dari pantauan Harian Palopo Pos, Selasa kemarin, banjir besar terjadi di sekitaran Puskesmas Padang Subur dan di permukiman warga yang berada sekitar BRU Padang Sappa dan di depan SPBU Padang Sappa. Puluhan rumah warga dilokasi tersebut terlihat terendam air yang meluap dari drainase yang terlihat lebih tinggi dari lokasi permukiman di Padang Sappa dan Puskesmas Padang Subur. Bahkan masih dari pantauan Harian Palopo Pos, air bah yang meluap dari drainase yang sempit itu meluber ke jalan poros trans Sulawesi di Padang Sappa.

Anggota DPRD Kabupaten Luwu, Summang, nampak terlihat memantau air bah yang menggenangi dua kelurahan terdapat penduduknya di kecamatan Ponrang ini. Bahkan terlihat pula tim rreaksi cepat (TRC) BPBD Kabupaten Luwu sudah berada dilokasi untuk membantu warga khususnya yang akan berobat ke Puskesmas Padang Subur karena halaman Puskesmas tersebut terendam air cukup dalam hingga sebatas paha orang dewasa.

Summang, kepada harian Palopo Pos, mengatakan, banjir besar yang kembali melanda kecamatan Ponrang, khususnya di Padang Sappa dan padang Subur, disamping karrna hujan deras yang mengguyur sejak subuh hari, pula disebabkan sistem drainase yang sudah tidak mampu lagi menampung debit air yang begitu besar.

” Drainase dan sistem pengairan di Ponrang ini dibangun sejak tahun 1985. Badan sungai atau daerah irigasi ini sudah tidak mampu menampung debit air yang besar dari sungai Noling, sehingga air meluber ke pemukiman penduduk dan merendam rumah warga, fasilitas pendidikan dan kesehatan juga kantor Koramil. Disamping itu, gorong-gorong yang menghubungkan bibir jalan dan rumah warga sangat kecil. Dan penyebab utama lainnya yaitu gorong-gorong yang membelah jalan trans Sulawesi sangat kecil dan harus diperbesar, ” kata Summang. (cr1-and)

Click to comment

Most Popular

To Top