Ragam

“Penantang” Petahana Mulai Unjuk Diri

* Tahapan Pilkada Lutra dan Lutim Mulai Panas

PALOPO — Tahapan pilkada serentak 2020 akan segera dimulai. Di Sulsel, ada 12 daerah yang akan menggelar Pilkada Serentak. Rencananya, pesta demokrasi serentak tersebut digelar pada September 2020 mendatang.

Dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, 12 diantaranya akan menggelar Pilkada serentak. Di Luwu Raya dan Toraja, ada empat kabupaten yang menggelar. Yakni, Kabupaten Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja Utara, dan Tana Toraja.

Khusus Pilkada Luwu Utara dan Luwu Timur, sejumlah nama calon penantang petahana mulai unjuk diri.
Ada yang merupakan putra daerah yang berkiprah di Luwu Raya dan Sulsel. Serta ada juga figur yang punya nama dan sukses di luar daerah.

Sejauh ini untuk calon penantang Bupati Indah, sudah mulai bermunculan. Incumbent Hj Indah Putri Indriani dipastikan akan maju untuk kedua kalinya, begitu juga wakilnya, M Thahar Rum.

Yang menjadi pertanyaan adalah Apakah Kedua pasangan yang bertagline “Pintar” ini akan berlanjut pada Pilkada Lutra 2020? Informasi yang diperoleh dari orang dekat M Thahar Rum bahwa Pasangan Indah- Thahar sudah tidak mungkin berlanjut pada Pilkada 2020.

Thahar diprediksi akan maju sebagai Calon Bupati Luwu Utara menantang Petahana, Indah Putri Indriani bermodalkan kendaraan Nasdem. Diketahui Thahar adalah Ketua Nasdem Lutra, dengan modal kursi parlemen empat, tinggal mencari tambahan untuk menggenapkan sebagai kendaraan politiknya di pilkada.

Selain Indah dan Thahar figur lama diantaranya Andi Abdullah Rahim, Arsyad Kasmar, Arifin Junaidi, Sakaruddin konon kabarnya akan kembali bertarung pada tahun 2020. Ada juga nama Ketua DPRD Luwu Utara, H Mahfud Yunus juga menyatakan kesiapannya untuk bertarung di Pilkada 2020, terus ada nama Ketua DPRD Bontang Nursalam, serta Anggota DPRD Sulsel Partai Gerindra Marjono.

Dikalangan Birokrasi dan Mantan birokrasi, ada nama Mantan Sekda Luwu Utara, Abd Mahfud, Tokoh Muda Luwu Utara, Muhtar Jaya, Mantan Camat Tanalili dan Bonebone, Jahir S Sos, Kadis PU Luwu Utara Suaib Mansyur.

Terbaru, ada nama Ramadhan Rasak, mantan Ketua Relawan Prof Andalan siap menantang Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Luwu Utara tahun 2020 mendatang.

Ketua Asosiasi Ayam Potong di Lutra ini yakin, jika ia dipercayakan masyarakat menjadi pemimpi di Bumi Lamaraginang ini, insya allah konsep saya sebagaimana membangun dunia usaha bisa berhasil, dengan keiklasan , mensejahterakan rakyatnya .
Lalu ada juga nama aktivis Palopo dari Luwu Utara yang biasa dipanggil Cuppi, Muchlis Balantja.

Oleh sejumlah kalangan, Cippi, dianggap sangat pantas maju di Lutra karena memang beliau salah seorang yang sangat cerdas serta berpengalaman luar negeri, konsepnya tidak biasa, cemerlang. Otaknya diperlukan untuk membangun Lutra. “Kalau mau Lutra maju dan moderen, kita tahu beliau orang hebat dan jiwa kepemimpinannya kuat serta memiliki pergaulan yang luas karena memang orangnya sangat ramah,” kata Cuppi dengan antusias.

Muchlis Balantja, balon bupati Luwu Utara, mengajak rakyat Luwu Utara memikirkan ulang agar kiranya lebih memilih pemimpin yang punya tanggungjawab besar. Kata dia, kekuasaan itu harusnya bisa mendorong dengan kuat lahirnya pembangunan yang mensejahterakan rakyat, bukan hanya mensejahterakan penguasa. ”Di tangannya ada kebijakan ratusan miliar rupiah dana pembangunan setiap tahun yang harusnya mampu menyulap kota dan kampung di daerahnya menjadi lebih moderen dan mensejahterakan dengan cepat,” ucapnya.

Pilkada Lutim

Sementara itu, untuk Pilkada Luwu Timur, Bupati H.M.Thorig Husler dipastikan akan kembali maju sebagai calon Bupati Luwu Timur periode 2020-2025.

HM Thorig Husler yang juga ketua DPD Golkar Luwu Timur bahkan mendapat restu langsung dari Ketua DPD Golkar Sulsel, Nurdin Halid.
Dalam rapat konsolidasi Partai Golkar Lutim beberapa waktu lalu, yang dihadiri Nurdin Halid menegaskan kalau partai Golkar akan tetap mendukung sekaligus mengusung HM Thorig Husler sebagai calon Bupati Luwu Timur pada pilkada Luwu Timur 2020 mendatang.
Bahkan Nurdin, juga menyebutkan, nantinya wakil HM Thorig Husler bukan lagi Irwan Bachri Syam, tetapi calon lain yang punya kans dihati masyarakat Luwu Timur.

Dengan adanya pernyataan ketua DPD Golkar Sulsel,H.A.M.Nurdin Halid terkait calon wakil Bupati Thorig Husler pada pilkada lutim 2020 mendatang maka sejumlah kalangan memastikan kalau Pilkada Lutim 2020, Thorig Husler-Irwan Bachri Syam tidak akan berpasangan lagi.

“Kami pastikan Husler-Irwan cerai alias tidak akan berpasangan lagi pada pilkada lutim 2020 mendatang,pula keduanya juga dipastikan akan maju sebagai bakal calon Bupati Luwu Timur”tandas Lukmansyah salah seorang pemerhati politik Luwu Timur.

Diprediksi yang menjadi “lawan” petahana di Pilkada Lutim muncul beberapa nama. Seperti Ketua Nasdem Lutim yang juga Wabup Lutim Irwan Bachri Syam, lalu ada nama Anggota DPR RI Partai Golkar Andi Fauziah Pujiwatie Hatta, terus ada nama politisi senior Nur Husain.

Serta di kalangan akademisi bergelar profesor. Kedua professor tersebut Prof Dr Muhammad Ali Lakatu dan Prof Dr Jasruddin Daud. Keduanya adalah putra daerah Lutim yang cukup populer di tengah masyarakat Lutim.
Selain itu ada nama mantan cabup Lutim Badaruddin A Picunang, serta anggota DPRD Provinsi Sulsel terpilih Esra Lamban.(idr)

Sejumlah nama penantang Indah di Pilkada Lutra

– M Thahar Rum (Wabup Lutra/Ketua Nasdem Lutra)
– Andi Abdullah Rahim (Politisi PKS)
– Arsyad Kasmar (Ketua Gerindra Lutra)
– Arifin Junaidi (mantan Bupati Lutra/politisi PAN)
– Sakaruddin (pengusaha)
– Mahfud Yunus (Ketua DPRD Lutra)
– Nursalam (Ketua DPRD Bontang)
– Marjono (Anggota DPRD Sulsel Partai Gerindra)
– Ramadhan Razak (pengusaha)
– Muchlis Balantja (aktivis)

Sejumlah nama penantang Husler di Pilkada Lutim

– Irwan Bachri Syam (Wabup Lutim/Ketua Nasdem Lutim)
– Andi Fauziah Pujiwatie Hatta (Anggota DPR RI Golkar)
– Nur Husain (politisi senior Demokrat)
– Prof Dr Muhammad Ali Lakatu (akademisi)
– Prof Dr Jasruddin Daud (akademisi)
– Badaruddin A Picunang (politisi Partai Berkarya)
– Esra Lamban (Anggota DPRD Sulsel Terpilih)



Click to comment

Most Popular

To Top