Metro

PPDB Utamakan Domisili Terdekat

TOMPOTIKKA — Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo telah menetapkan pembagian zonasi serta jalur dalam sistem penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2019/2020.

Untuk itu, Pemkot Palopo, melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Palopo mengutamakan PPDB didasarkan domisili atau tempat tinggal calon peserta didik dengan sekolah tujuan.

Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdik Kota Palopo, Mustaufik kepada Palopo Pos, Selasa 11 Juni 2019 mengatakan, sistem PPDB tahun terdapat beberapa item jalur. Selain jalur zonasi yang paling utama juga terdapat jalur prestasi, afirmasi, atau masyarakat kurang mampu, serta jalur perpindahan tugas orang tua calon siswa.

“Jadi semua tingkatan sekolah SD-SMA wajib melaksanakan sebagaimana yang ditentukan dalam peraturan terkait PPDB ini, terutama mengedepankan calon siswa yang paling terdekat dengan tempat tinggalnya dengan jarak 3 Km untuk diakomodir,” katanya, siang kemarin.

Adapun untuk mengetahui letak dan kedudukan kediaman calon peserta didik dengan sekolah yang akan dituju pihaknya pihaknya akan menggunakan tekhnologi.

“Untuk untuk mengetahui jarak sekolah dengan domisili calon peserta didik ini kita akan gunakan aplikasi google map,” jelasnya.
Ia menegaskan jika sistem PPDB ini tidak beda halnya dengan tahun ajaran sebelumnya yang menggunakan sistem zonasi.

“Jadi calon peserta didik yang paling dekat domisilinya dengan sekolah tujuan itulah yang diutamakan. Bukan letak sekolah asal dengan sekolah yang akan dituju,” tandasnya.(rul/rhm)



Click to comment

Most Popular

To Top