Metro

Dosen Pertanian Unanda Promosi Doktor

TOMPOTIKKA — Satu lagi dosen Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo promosi doktor. Ia adalah Dr Yasmin Bachtiar SP MP. Berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan enam tim promotor dan penguji di Aula Prof Hardjono Sps Unhas, Makassar, Kamis, 13 Juni 2019 kemarin.

Disertasi tersebut berjudul “Keberlanjutan Pertanian Organik melalui Kontribusi Multipihak di Kabupaten Luwu Timur (Studi Kasus Pengembangan Padi Organik Berbasis System of Rice Intensification di Kabupaten Luwu Timur). Ada tim promotor yang menguji disertasi ini yakni Prof Dr Ir Darmawan Salman MS (Ketua Tim Promotor), dua ko-promotor yakni Pr Dr Ir Sitti Bulkis MS dan Dr Muh Hatta Jamil SP MSi, serta tiga orang tim penguji.

Menurut Dekan Fakultas Pertanian Unanda, Muh Yusuf Idris SP MP yang ditemui Palopo Pos di kampus Jl. Anggrek Palopo, Kamis, 13 Juni 2019 kemarin, Dr Yasmin merupakan dosen Unanda yang berhome-base di Fakultas Pertanian Unanda.

Ia menyelesaikan studi program doktoralnya di Program Pasca Sarjana Ilmu Pertanian Unhas, Makassar. Menempuh masa kuliah S3 selama 4,5 tahun. ”Waktu penyelesaikan studi S3-nya (Yasmin Bachtiar) termasuk normal. Biasanya penyelesaian studi S3 rata-rata empat sampai lima tahun,” terang Yusuf yang baru pulang memantau mahasiswa KKN di Kab. Luwu.

Dari Unanda, yang hadir pada ujian promosi doktor Yasmin adalah Ketua LP2M, Dr Sukrimin Sapareng SP MP mewakili Rektor Unanda, Dr Marsus Suti MKes. Pada hari yang sama, Rektor bersama Wakil Rektor, Dekan, melakukan kunjungan ke lokasi KKN mahasiswa di Luwu. Makanya, Rektor diwakili Ketua LP2M.

Setelah Yasmin meraih gelar doktor, Fakultas Pertanian Unanda kini memiliki dosen berkualifikasi doktor yakni Dr Sukrimin Sapareng SP MP, Dr Idawati SP MSi, dan Dr Yasmin Bachtiar.

Sedang Unanda sendiri telah memiliki sekira 10 dosen berkualifikasi doktor. Yang sementara dalam tahap penyelesaikan studi doktor sekira 40 orang. Dan akan berangkat studi doktor pada tahun ini sebanyak 10 orang. Sehingga beberapa tahun ke depan, Unanda akan memiliki sekira 70 dosen bergelar doktor.

”Itu sesuai target Pak Rektor (Marsus Suti) bahwa selama periodenya, akan mencetak 70 dosen doktor. Ini kita genjo karena Unanda akan membentuk Prodi S2 Ilmu Pertanian, S2 Perikanan, S2 Manajemen, S2 Hukum, dan S2 Sospol,” jelas Yusuf.(ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top